Dari Donggala untuk Dunia

12 dari 16 Kecamatan Pengurus PMI Telah Di Lantik

0 710

Suaradonggala.id,BANAWA – Akhirnya Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Donggala membentuk pengurus di 12 kecamatan dari 16 kecamatan yang ada di kabupaten Donggala.

Saat ditemui di ruangannya, Ketua PMI Donggala. Moh Yasin Mengatakan dari 16 kecamatan yang ada di kabupaten Donggala, sudah 12 kecamatan yang memiliki struktur kepengurusan PMI setempat. Tujuh di antaranya sudah dikukuhkan melalui pelantikan belum lama ini, yaitu Kecamatan Banawa Tengah, Labuan, Sindue, Sindue Tobata, Sirenja, Balaesang dan Balaesang Tanjung. Sedangkan kecamatan lainnya seperti Banawa, Sindue Tombusabora, dan Sojol akan menyusul pelantikannya dengan target tahun ini seluruhnya memiliki pengurus PMI.

Yasin berharap dengan adanya pengurus di kecamatan itu nantinya mempercepat informasi dan penanganan sedini mungkin bila terjadi bencana atau hal lain yang mendi tugas PMI. Jumat (23/04/20).

Lanjut Yasin, selama ini penanganan suatu masalah yang menjadi tugas PMI selalu bertumpu pada pengurus di kabupaten, sehingga kadang lambat dalam mengambil tindakan. Karena itu dengan adanya pengurus kecamatan, tindakan bisa lebih cepat dan kabupaten akan terbantu menyiapakan keperluan di lapangan dengan adanya informasi lebih awal.

“ Sebelum anggota PMI kabupaten turun sudah mendapat data tentang kebutuhan apa saja yang diperlukan di lapangan. Hal itu dikarenakan sudah memperoleh data dan informasi dari kecamatan itu untuk menyiapkan segala keperluan,” Jelasnya

Kalau sebelumnya, Lanjut Yasin lagi. pihak PMI mesti bolak-balik ke lapangan karena mesti melakukan pendataan baru balik lagi menyiapkan kebutuhan. Sekarang tidak lagi dengan adanya pebagian tugas sampai ke bawah.

“ Keberadaan PMI Donggala semakin aktif sejak terjadinya bencana alam gempa bumi dan tsunami tahun 2018. Banyak melakukan penanganan dan pemulihan dalam rekonstruksi pascabencana dan pendampingan korban. Bahkan saat bencana banjir di Masamba Utara dan gempa bumi di Mamuju, PMI Donggala ikut membantu dalam penanganan bencana sebagai bentuk solidaritas,” Tandasnya

Sementara itu hingga saat ini telah dilakukan pembangunan Markas PMI Cabang Donggala di Kelurahan Gunung Bale, Kecamatan banawa. Sebab markas sebelumnya hanya menumpang di eks Kantor Pembantu Bupati Donggala di Kelurahan Boya, Kecamatan Banawa. (*)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.