Dari Donggala untuk Dunia

30 Anggota DPRD Donggala Resmi di Lantik.

0 1.102

Banawa– Sebanyka 30 anggota DPRD Kabupaten Donggala , Sulawesi Tengah dilantik untuk periode 2019-2024. Empat belas orang di antarannya wajah baru. Anggota DPRD Donggala ini mengucapkan sumpah dan janji dalam pelantikan di gedung DPRD Jumat (30/8) siang. Terdapat anggota DPRD terpilih berusia 25 tahun.

Pelantikan dihadiri Bupati Donggala Kasman Lassa dan wakil Bupati Donggala Moh Yasin, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ratusan masyarakat. Wakil Guburnur Sulawesi Tengah Rusli D Palabi mewakili Gubernur Longki Djanggola dalam sambutanya mengucapkan terimaksih kepada masyarakat Donggala yang sudah menggunakan hak pilihnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada KPU Donggala dan Bawaslu yang telah bekerja dengan baik sehingga perjalannan Pemlu 2019 berjalan sukses. Demikian pula dengan jajaran TNI dan Polri. “Pelantikan hari ini suatu keharusan karena tugas DPRD tidak boleh berhenti. Tugas DPRD harus terus berjalan,” kata bekas anggota DPRD Provinsi itu.

Anggota DPRD pesan Rusli harus bisa memahami tugas dan fungsinya serta bertanggung jawab. Perlu di ingat bupati dan DPRD memiliki posisinya sejajar. DPRD dan bupati adalah mitra kerja diharapkan dapat bersinergi sehingga pembangunan bermuara pada kesejahteraan rakyat. Wakil Guburnur meminta anggota DPRD tidak menjadikan Politik anggaran sebagi bahan kalkulasi, tetapi melakuakan penyusuanan anggaran mengikuti kaidah yang ditetapkan.

“Anggota DPRD terpilih bagaikan matahari terbit yang membrikan cahaya baru membawa perubahan untuk kabupaten Donggala,” ujarnya.

Sementara ketua DPRD Takwin ditemui usai pengambilan sumpah menyebutkan sudah ada agenda kerja yang akan dilaksanakan oleh pimpinan sementara diantaranya memfasilitasi terbentuknya Alat Kelengkapan Dewan (AKD).
Selain itu akan memfasilitasi terbentuknya fraksi serta sesegera mungkin malakukan pelantikan ketua definitif.

“Kami akan berusaha secepat mungkin bekerja bersama sekretariat menyelesaikan kerja-kerja yang diamanatkan oleh tata tertib. Kalau bisa ya lebih cepat lebih baik,” ungkap Takwin.

Widya Anleg Donggala Termuda

Anggota dewan termuda periode 2019-2024 adalah Widya Kastrena Darma Sida. Anleg dari partai Nasional Demokrat (Nasdem) merupakan anak bupati Donggala, Kasman Lassa. Widaya bertarung di daerah pemilihan (Dapil) 1 Banawa dan Banawa Tengah bersama Abd Rasyid, Abubakar Aljufri, Syafruddin K yang merupakan Anleg petahana.

Ketua KNPI Donggala ini satu dari empat wakil perempuan yang lolos ke gedung DPRD Donggala. Perempuan kelahiran 6 Juli 1994 ini meraih suara terbanyak di partainya. “Bulan Juli tahun ini saya genap berusia 25 tahun,” ujarnya dengan senyum ramah. (/zy/jr)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.