Dari Donggala untuk Dunia

Yasin Ingatkan Soal Keamanan Informasi Daerah

0 232

BANAWA-Wakil bupati Donggala Moh Yasin membuka sosialisasi pengembangan dan pengawasan jaring komunikasi sandi daerah di gedung Oasis Convention Hall, Rabu (14/8/2019).

Dalam sambutan singkatnya, wabup Yasin mengatakan sekarang ini masalah keamanan sistem informasi pemerintah daerah merupakan suatu aspek yang sangat penting, karena teknologi Informasi sudah menjadi suatu komoditi.

Pemerintah daerah lanjut dia dituntut menyediakan informasi yang cepat dan akurat agar mudah diakses oleh masyarakat utamanya dalam hal ketersediaan informasi pembangunan.

“Kecakapan dalam mengakses dan menyediakan informasi secara cepat dan akurat memudahkan masyarakat mengakses informasi baik kinerja maupun hasil pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah,” katanya.

Namun lanjut dia, keamanan informasi juga harus menjadi perhatian Pemda Donggala agar informasi yang penting dan sensitive tidak mudah diakses oleh orang lain yang dapat membahayakan daerah.

“Keamanan informasi juga harus diperhatikan agar informasi tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” ujarnya.

Diakhir sambutanya Wabup Yasin memberikan apresiasi kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Donggala yang menggelar sosialisasi tersebut. Menurut dia, apa yang dilakukan Kominfo Donggala demi kepentingan daerah.

Sementara itu ketua panitia pelaksana, Anwar melaporkan sosialisasi ini untuk meningkatkan kesadaran keamanan informasi di lingkungan pemerintahan kabupaten Donggala. Selain itu untuk melindungi asset informasi dari bentuk ancaman dari luar maupun dari dalam pemerintahan itu sendiri yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja.

Pengamanan ini lanjut Anwar untuk menjamin kerahasiaan, keutuhan, dan ketersediaan akses informasi agar selalu terjaga dan terpelihara dengan baik. Asset informasi yang dimaksud adalah seluruh data meliputi dokumen software system data perangkat komputer, perangkat jaringan komunikasi, dan media penyimpanan.

“Melihat perkembangan arus informasi berbasis internet maka penting dilaksanakan sosialisasi ini,” tandasnya

Anwar melaporkan sosialisasi diikuti seluruh kepala wilayah kecamatan (Camat) dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang. Sosialisasi itu menghadirkan narasumber dari Deputi Proteksi Badan Sandi Negara, Kartika Pertiwi dan Agus Mahardika.

Penulis: Jose Rizal

Editor: Jose Rizal

 

 

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.