Dari Donggala untuk Dunia

Akhirnya Pemda Donggala Penuhi Tuntutan Penyintas Tompe

Sub : Untuk Pembebasan Lahan

0 167

Suaradonggala.id,SIRENJA — Warga  Tompe Kecamatan Sirenja yang terdampak bencana pada 28 September 2018 silam dan juga korban banjir rob yang  selama ini masih terombang ambing  oleh kondisi lahan huntap, akhirnya sedikit  bernafas lega  setelah Ketua DPRD Sulteng bersama Danrem 132 Tadulako dan Panitia Khusus (Pansus)  Pengawasan  penanganan  bencana  DPRD Sulteng.

Rombongan yang dipimpin langsung Ketua  DPRD Sulteng Hj Nilam Sari Lawira serta tim Panitia Khusus (Pansus) Padagimo serta Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Provinsi Sulteng, Hj Farida Lamarauna, Wakil Bupati Donggala Moh Yasin, Dandim 1306 Donggala Letkol Hery dan sejumlah OPD Prov. Sulteng dan OPD Kabupaten Donggala  yang secara teknis terkait dengan masalah ini,  termasuk camat yang membawahi  wilayah Sirenja.

Dialog yang dibangun oleh Ketua DPRD, Danrem,  Pansus dan warga terdampak sempat  mengalami stagnasi komunikasi, namun begitu dijelaskan Sekdes setempat tentang titik persoalan, akhirnya Ketua DPRD, Pansus dan Danrem sebagai Koordinator Satgas penanganan rehab rekon bencana di Palu, Sigi Donggala dan Parigi Moutong (Padagimo) menemukan jalan keluar atas  lahan yang selama ini menjadi sandungan warga untuk mau menempati lokasi yang di tetapkan oleh pemerintah.

Dari dialog tersebut diketahui alasan warga tidak mau menempati lokasi dan yang kini  disediakan Pemda Donggala, alasannya selain cukup jauh juga berada dilokasi pusat laut.”Pokoknya kami tidak mau di sana pak (lokasi pemkab red)” kata  salah seorang warga Sirenja di gedung pertemuan Desa Sirenja, Rabu (26/08/20)

Alasan lainnya karena di lokasi yang berdekatan dengan bangunan Hunian Tetap (Huntap) tersebut ada lahan  milik warga yang bisa dibeli Pemda dengan harga terjangkau, sehingga lokasi Huntap untuk sekitar 319 kepala keluarga berdampingan dan tidak seperti yang ditunjuk Pemkab Donggala saat ini.

Sementara itu wakil bupati Donggala Moh Yasin mengatakan, alhmadulillah telah kita sepakati semua tuntuan warga dan mari kita serahkan tugas ini kepada dinas terkait dan bersama kita kawal. (AK)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.