Dari Donggala untuk Dunia

Besok, Tim Kementerian Sosial Bertemu Putri Pue Lasadindi

0 231

SINDUE-Tim Peneliti Pengkaji Gelar Pahlawan Pusat (TP2GP) Kementerian Sosial Republik Indonesia Senin (28/7/2019) besok di jadwalkan berkunjung ke kediaman putri sulung Pue Lasadindi, Ndo’o Ratu Hindia, di Desa Enu, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Ndo’o Ratu adalah salah satu putri dari Pue Lasadindi. Tokoh yang akrab di panggil Mangge Rante itu memiliki beberapa orang anak dari beberapa istri namun anak-anaknya sebagian sudah wafat. Salah satunya yang masih hidup adalah Ndo’o Ratu Hindia.

Kunjungan Tim dari Kemensos RI ini berkaitan dengan usulkan Pue Lasadindi sebagai pahlawan Nasional dari Sulawesi Tengah. Kakek dari wakil bupati Donggala, Moh Yasin ini memang masuk dalam pengusulan sebagai salah pahlawan Nasional bersama tokoh lain di Sulteng.

Wakil bupati Donggala, Moh Yasin, di hubungi terkait rencana kunjungan kerja Mensos di desa Enu membenarkan hal tersebut. “Saya dengar begitu. Besok Mensos ke desa Enu bertemu Ndo’o Ratu. Insya Allah saya hadir di sana selaku pemerintah Kabupaten Donggala,” ujarnya, Minggu (27/7) malam.

Diketahui, selain Tombolotutu tokoh pejuang dari Moutong, Kabupaten Parigi Moutong diusulkan sebagai Pahlawan Nasional dari Sulawesi Tengah, tokoh dari Kabupaten Donggala Pue Lasadindi juga di usulkan sebagai tokoh nasional

Sejarawan Haliadi Sadi, P.hd dari Universitas Tadulako dan tokoh muda Muhammad Djruddin Wartabone, juga telah dilakukan seminar khusus di Donggala beberapa waktu lalu.

Dalam seminar tersebut menampilkan tiga pembicara penting yaitu dari Kementerian Sosial RI yang menangani masalah gelar kepahlawanan, Haliadi Sadi (Sejarawan UNTAD) dan Dr. Zuhdi Susanto sejarawan dari Universitas Indonesia. (Jose Rizal)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.