Dari Donggala untuk Dunia

Data Penerima Jadup Tahap Kedua Mulai di Input

0 153

Rep: Jose Rizal

Banawa Jumlah penerima Jaminan Hidup (Jadup) korban bencana alam di kabupaten Donggala tahap pertama berjumlah 2.288 jiwa. Jumlah tersebut tersebar di 22 desa. Sabtu lalu Kemensos RI sudah menyalurkan Jadup kepada yang berhak menerima.

Ditemui di kantornya, Plt Kadis Sosial Yusuf Lamakampali mengaku setelah dana Jadup tahap pertama disalurkan, Dinas Sosial Donggala kembali menginput data baru calon penerima Jadup untuk tahap kedua. Data yang sudah terinput sekitar 500 Kepala Keluarga dan siap dikirimkan kepada Kemensos RI.

“Sekarang kami lagi menginput data yang diserahkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mudah-mudah bisa secepatnya rampung,” ujarnya Senin (26/8/2019)

Disinggung soal kriteria penerima Jadup Yusuf mengaku tidak berkewenangan memberikan penjelasan. Menurutnya kriteria penerima Jadup ranah BPBD.

“Dinas Sosial tidak punya pengetahuan teknis, soal kriteria itu ranahnya BPBD Donggala. Mana menurut BPBD sesuai kriteria itu yang kami tindak lanjuti tapi kami tetap turun melakukan verifikasi,” jawab Asisten Satu Pemkab Donggala ini.

Sebelumnya, sebanyak 575 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 2.288 jiwa korban bencana alam gempa bumi, likufaksi, dan tsunami di Kabupaten Donggala sudah menerima jaminan hidup (Jadup) dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia.

Namun menurut wakil bupati Donggala Moh Yasin jumlah tersebut belum memenuhi target. Untuk tahap pertama ini total Jadup yang disalurkan kepada penerima melalui Bank BRI cabang Palu sebesar 1,3 miliar dari target 10,5 miliar untuk kabupaten Donggala.

“Saya minta dinas terkait tidak pakai hari Minggu untuk bisa bekerja demi kepentingan masyarakat. Pendataan jangan sampai melewati batas waktu karena dana ini bisa ditarik,” ungkap Yasin dalam sambutannya saat penyaluran Jadup Sabtu lalu.(*)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.