Dari Donggala untuk Dunia

Debat Kandidat Kades Toaya, Rasa Debat Calon Presiden

Laporan: Sarlin

0 605

SINDUE, SUARADONGGALA.ID- Ada banyak cara menarik minat masyarakat untuk berpartisipasi pada pesta demokrasi pemilihan kepala desa, salah satunya yang dilakukan oleh panitia Pilkdes desa Toaya, Kecamatan Sindue.

Panitia Pilkades di desa tersebut melaksanakan debat kandidat calon kades periode 2019-2025 seperti layaknya debat calon Presden. Baruga adat yang menjadi panggung debat di desain sedemikian rupa dengan dekorasi di dominasi warna merah putih.

Debat calon Kades ini dibuka pada pukul 20.30 WITA di halaman kantor kepala desa Toaya, Senin malam 2 Desember 2019. Dari laporan wartawan suaradonggala.id di lokasi, debat berakhir pada pukul 12.30. WITA. Suasana makin meriah karena ratusan pendukung dari masing-masing calon hadir dalam debat tersebut.

Panggung debat semakin eksotik karena didukung pencahayaan lampu khusus yang disediakan panitia. Dari segi materi debat, panitia juga menyiapkan pertanyaan yang telah disusun oleh panelis yang berkompoten di bidangnya.

 

Lokasi debat calon Kades Toaya dipenuhi para pendukung calon

 

Adapun pertanyaan yg diajukan meliputi bidang tata kelola pemerintahan, kesehatan, pendidikan, sosial budaya. Acara debat yang di pandu wartawan TVRI Palu Anita Aswin ini juga membahas soal perikanan, pariwisata, ekonomi kreatif dan pertanian.

Ahmad Syarif ketua panitia Pilkades Toaya dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan debat sengaja dibuat sedemikian rupa agar menjadi contoh bagi desa-desa lain. Ditambahkanya, pada pembukaan debat itu, agar masyarakat yang belum terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk segera melapor ke panitia Pilkades.

Untuk diketahui adapun calon kades Toaya yang mengikuti debat antara lain Fadli, Ompo wijaya, S.Ag, Rahman, dan Nurdin. Berbagai isu strategis yang disampaikan oleh para kandidat calon Kades. Tercatat beberapa poin penting diantaranya soal peningkatan PAD desa, retribusi, dan pemekaran desa. (*)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.