Dari Donggala untuk Dunia

Didi: Menanam Pohon, Menanam Kebaikan

0 43

suaradonggala.id-Ketua Kelompok Masyarakat Peduli Bencana (KMPB)Desa Lombonga, Kecamatan Balaesang, Didi Darmawan mengatakan, menanam pohon sama halnya menanam kebaikan. Karena pohon memiliki banyak manfaat bagi manusia dan lingkunganya.

Hal tersebut dia ungkapkan saat aksi menanam seribu pohon di wilayah pesisir Desa Lombonga yang terdampak gempa bumi disertai tsunami 2018 silam. Penanaman seribu pohon itu merupakan kegiatan mitigasi bencana non stuktural yang di dukung oleh lembaga donor asal Swiss dan Muhammadiyah.

“Ada beberapa jenis pohon yang sesuai karakter pesisir Lombonga antara lain ketapang, butun, dan bambu,” kata Didi dihubungi Jumat (1/4)

Dia mengatakan, berdasarkan kajian pengurangan resiko bencana ada beberapa ancaman bencana alam yang sewaktu waktu bias terjadi di desa Lombonga. Pasca bencana gempa bumi dan tsunami lanjut Didi, pesisir pantai Lombonga terjadi penurunan sehingga segera dilakukan penanganan.

“Dari hasil kajian, pesisir Lombonga sudah mengalami penuruan. Apalagi saat air pasang dan angina barat, banjir rob dan banjir menjadi ancaman prioritas yang harus di intervensi. Dengan ditanami pohon, harapan kita ancaman bencana seperti itu bias teratasi,” sebut ketua PMI Balaesang ini.

Menurut Didi , KMPB Lombonga akan terus berupaya menyediakan sistim mitigasi bencana di desa sebagai upaya pencegahan dan pengurangan resiko bencana. Langkah itu menjadi upaya strategis pada tahap pasca bencana yang dapat melindungi masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir yang rentan terhadap resiko bencana. (bj)

 

 

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.