Dari Donggala untuk Dunia

Dinas Perikanan Donggala Dukung Pemuda Olah Amplang Tuna

0 605

Suaradonggala.id,BANAWA — Dinas Kelautan Dan Perikanan (DKP) kabupaten Donggala Ali Assegaf kembali melakukan terobosan dengan melakukan program pembinaan Kreatif bagi Pemuda Donggala atau pengusaha muda.

salah satu programnya yakni pembuatan makanan ringan khas kalimantan yaitu amplang. namun sedikit berbeda karna bahan baku yang digunakan adalah ikan tuna yang memang mudah di dapatkan di Kabupaten ini. Dengan merk Ampelang Tuna Khas Donggala

Farid Haris Pacci, Pemuda 33 tahun, mendapat kesempatan ikut dalam pembinaan oleh DKP Donggala untuk mengolah dan memproduksi ikan tuna Kwalitas kelas satu menjadi amplang.

“ Bahan baku amplang ini 99% adalah  dari ikan tuna dengan kwalitas paling bagus, kelas satu,” kata id sapaan dari Farid.sambil memperlihatkan hasil produksi amplang perdananya di ruang kerja Kadis. Senin (22/03/21)

farid mengaku amplang tuna ini di produksi oleh food 87, yang beralamat di Jl Samauna  53 kec. Banawa Kabupaten Donggala.

“ Ini merupakan produksi perdana kami dan inilah contoh produk yang kami perlihatkan kepada Kadis Perikanan Ali Assegaf selaku pembina,” ucap Farid.

Lanjut id bahwa usaha produksi makanan ringan (cemilan) ini berbahan dasar ikan tuna 99%, rasanya, gurih, renyah, kriuk-kriuk, enak nikmat dan sehat. serta membangkitkan selera makanan bagi pecinta kuliner

” Produksi cemilan amplang tuna ini termasuk UMKM, karena dikelola dalam bidang usaha Home Indsutri,” bebernya

Kemudian id menjelaskan bahwa Amplang tuna ini, dikemas dalam plastik 200 gram, dan siap di pasarkan baik secara lokal mapun, antar pulau, nasional maupun internasional, tergantung permintaan datangnya dari mana saja

“ Meskipun baru di produksi, namu sudah banyak pesanan, baik lokal Donggala maupun luar kota. Farid mengaku  sudah ada permintaan yang akan dikirim ke surabaya namun masih melalui perorang sebagai oleh-oleh,amplang ikan tuna khas Donggala ini di bandrol dengan harga Rp,35 Ribu perkemasan ukuran 200 gram,” Jelasnya

sementara Itu Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Donggala Ali Assegaf mengaku sangat bangga dengan kerja keras anak muda seperti farid.  pihak DKP Donggala telah memberikan pembinaan dan membantu dari sisi permodalan sampai pelatihan pembuatan amplang tuna khas Donggala. (AKB)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.