Dari Donggala untuk Dunia

Dinsos Donggala Perbaiki Data Penerima Bansos

0 663

Suaradonggala.id,BANAWA – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Donggala, Muhammad terus berupaya memperbaiki data penerima bantuan social, yang saat ini belum teringtegrasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Muhammad sendiri menegaskan bahwa terus bekerja keras dalam pembenahan, pelayanan hingga saat ini masih jauh dari kata maksimal.

“ Kami terus berupaya bagaimana untuk memfokuskan pembenahan ini terutama penerima bansos,” Ucapnya, Rabu (05/05/21)

Lanjut ia katakan dari 16 Kecamatan di kabupaten Donggala, upaya pelayanan masih jauh yang diharapkan apabila dibandingkan dengan populasi PMKS (pemerlu masalah kesejateraan social) yang jauh lebih besar jumlahnya dan sebenarnya di wilayah Kabupaten Donggala saat ini, dibandingkan dengan sumber daya yang disediakan dan intervensi yang telah dilakukan serta ketersedian dana.

Menurutnya ada sejumlah permasalah umum yang dihadapi baik di tingkat pusat, provinsi maupun Kabupaten Donggala didalam pelayanan kesejahteraan sosial antara lain Data bansos belum terintegrasi dengan OPD lain.

Ia menambahkan bahwa cakupan atau jangkauan pelayanan program kesejahteraan sosial yang dibagi kedalam empat pilar intervensi masih sangat terbatas, Kegiatan bantuan dan jaminan sosial bagi PMKS masih tumpang tindih satu sama lain; Pemerintah kabupaten/kota belum optimal dalam memberikan pelayanan kesejahteraan sosial bagi PMKS yang tercermin dalam aspek pelayanan kelembagaan yang disediakan dan penyediaan anggaran; Kapasitas sumber daya manusia pelaksana pelayanan kesejahtraan sosial dalam hal subtansi dan praktis masih terbatas, dan Koordinasi dan komunikasi pada berbagi sektor dan level masih belum optimal.

Ia melanjutkan bahwa berbagi permasalahan tersebut di atas, maka tantangan ke depan bagi pembangunan bidang kesejahtraan sosial adalah bagaimana meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesejahtraan sosial bagi PMKS. Hal ini dapat diantisipasi dengan cara mendukung peningkatan pengelolaan program kesejahtraan sosial, peningkatan kapasitas kelembagaan dan SDM kesejahtraan sosial, serta meningkatkan kualitas tata kelola kepemerintahan yang baik dalam penyelanggaraan kesejahteraan sosial. Disamping permasalahan umum yang dihadapi pembangunan bidang Kesejahteraan Sosial seiring dengan pergeseran paradigm  pembangunan di Kabupaten Donggala.

Olehnya itu untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas petugas penyalur bantuan sosial. Khusus untuk peningkatan kualitas, ini harus menjadi fokus awal karena petugas bantuan sosial di lapangan sering dikeluhkan memberikan pelayanan yang tidak memuaskan atau memberikan penjelasan yang multi-interpretasi.  Maka perlu dilakukan terobosan/langkah strategis yang dibangun dalam proyek perubahan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui penanganan aduan pelayanan bantuan sosial Kabupaten Donggala.

“ Memperbaiki law enforcement  atau aturan bantuan sosial . Namun, necessary condition yang harus dipenuhi adalah enforcement di internal petugas penyalur bantuan sosial sendiri sehingga integritas mereka terjaga dan dipercaya,” Pungkasnya

“ Solusi yang diambil untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah perlu dilakukan beberapa  Strategi Pengembangan Layanan Bantuan Sosial  Terintegrasi di Kabupaten Donggala. Dengan adanya sistem informasi bansos yang terkomputerisasi maka penyimpanan data disimpan di dalam data base.” Tutupnya. (AKB)54

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.