Dari Donggala untuk Dunia

Dprd Donggala Terima Kunjungan Kerja Dprd Banggai Laut Bahas Hewan Ternak

0 30

Suaradonggala.id,BANAWA — DPRD Banggai Laut melakukan kunjungan kerja ke DPRD Donggala yang diterima langsung oleh Ketua DPRD Takwin didampingi Wakil Ketua I Sahlan L Tandamusu. Senin (30/11/20)

Dalam kunjungan tersebut rombongan dipimpin langsung wakil ketua II Banggai Laut Moh Tanjung dan beberapa anggota dewan lainnya. Maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk berkonsultasi kepada DPRD bersama dinas peternakan Donggala mengenai peraturan daerah dan peraturan bupati tentang hewan ternak.

Dikatakan Tanjung, bahwa bagaimana cara pemda Donggala mengatasi hewan ternak yang berkeliaran di kabupaten Donggala yang sangat luas ini.

Sementara itu Bambang Widiyanto kepala bidang kesehatan hewan mengatakan bahwa untuk Kabupaten Donggala telah mengacu pada peraturan daerah (Perda) nomor 14 tahun 2010 Yang berisi jika hewan ternak di gembalakan pada siang hari dan Di kandangkan pada malam hari.

Ada beberapa langkah telah ditempuh yakni sosialisasi ke desa dan kelurahan, diharapkan untuk desa membentuk perdes tentang hewan ternak.

Lanjut ia katakan untuk Penertiban hewan kami bekerjasama dgn pol pp untuk menertibkan hewan ternak yang berkeliaran dan Ada juga peraturan bupati (perbup) yang mengatakan biaya penangkapan hewan besaer 300ribu hewan kecil 150 kemudian hasil penangkapan di tempatkan atau dikandang dikelurahan maleni.

“Adapun Biaya pemeliharan di kenakan biaya 50ribu bagi hewan besar sedangkan hewan kecil dikenakan biaya 25ribu  perharinya. Kemudian peternak diberi jangka waktu untuk pengambilan hewan ternaknya jika tidak di ambil maka hewan di ambil oleh pemda serta dari semua dana denda tersebut akan di masukan di kas daerah,” ungkapnya

Sementara itu Sahlan menambahkan jika terjadi kecelakaan yang di akibatkan hewan ternak, maka si pemilik hewan ternak menanggung semua biaya orang yang mengalami kecelakaan. (AKB)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.