Dari Donggala untuk Dunia

Rasyid Thalib: Kemungkinan, Ciri Pemerintahan Mirip Fira’un Sudah Ada di Donggala

0 864

BANAWA- Akademisi Universitas Tadulako (Untad) Palu, DR. Rasyid Thalib mengatakan, saat ini, sudah mulai muncul ciri sistem pemerintahan seperti pada zaman Firaun. Otoriter dan zalim.

Namun menurutnya pemerintahan semacam itu tidak akan bertahan lama. Karena hanya menimbulkan konflik dan kegaduhan.  Tapi lanjut Rasyid, cirinya bukan pada person, tapi sistem pemerintahannya.

“Bukan personnya, ya, tapi sistem pemerintahannya seperti Fira’un. Cirinya mungkin sudah ada di Donggala,” ujar Rasyid Thalib usai memberi pendapat hukum terkait persiapan pembentukan Pansus kisruh pelantikan pejabat di Donggala, Kamis (1/8/)

Rasyid Thalib mengatakan, analogi Fira’un bukan berarti itu menyerang kepala daerah tertentu. Mirip Firaun itu lanjut ia, sistem pemerintahan yang zalim ke pegawai.

“Bahkan lembaga DPRD tidak bisa membendung dan tidak berdaya, itu yang saya maksud mirip Fira’un,” ujarnya.

Namun ungkap akademisi kelahiran Toaya, Kecamatan Sindue ini,  sistem pemerintahan model Fira’un bisa digantikan dengan konsep pemerintahan  Nabi Nuh.

Nabi Nuh mampu menyelamatkan umatnya sehingga pemerintahan bisa berjalan sesuai aturan dan masyarakatnya sejahterah.

Sekarang ini di Donggala lanjut Rasyid digunakan analogi pemerintahan  SAKAYA. Analogi ini mirip kisah nabi Nuh, bedanya Nuh cerdas dan sudah mempersiapkan diri sebelum bencana datang.

Nuh siapkan bekal untuk masyarakatnya termasuk hewan ternak. Memang ada yang berkhianat kepada nabi Nuh yakni seekor babi yang merobek lambung kapal hingga kapal itu oleng namun masih bisa selamat.

“Peristiwa dalam kisah nabi Nuh itu bisa saja terjadi di pemerintahan SAKAYA. Perahu bisa di bocorkan oleh penumpangnya sendiri,” sebut Rasyid. (Jose Rizal)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.