Dari Donggala untuk Dunia

Edukasi Keaksaraan Keuangan MDMC, Warga Buka Rekening Online BSM

Penulis: Fery/J Rizal

0 45

SIRENJA, suaradonggala.idMuhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) memberikan edukasi keaksaraan keuangan bagi 1.300 pengusaha mikro di Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala.

Hingga saat ini, sebanyak 860 orang telah menerima bantuan dana tunai bersyarat. Dan yang berhasil membuka rekening bank sebanyak 769 orang. Sementara 91 orang melalui wesel pos.

Vice Program Manager MDMC, Fery El Shirinja mengatakan, penyaluran bantuan program pemulihan Usaha Mikro penyintas bencana alam di Kecamatan Sirenja hasil kerjasama MDMC dengan Solidar Suisse, sengaja dilakukan melalui Bank. Harapannya, masyarakat melek keaksaraan keuangan dalam membangun usaha mereka.

Namun Kata dia, yang tidak berhasil membuka rekening karena alasan NIK. “Ternyata di Sirenja ini, banyak warga yang belum memiliki NIK. Ini pekerjaan rumah bagi Dinas Dukcapil Donggala,” katanya.

Kata Fery, dalam penyaluran bantuan dana tunai bersyarat ini, MDMC mengandeng beberapa bank, salah satunya adalah Bank Syariah Mandiri (BSM). “Kami menggandeng beberapa bank. Salah satunya adalah BSM,” jelas Fery.

Pada Jumat (28/2/2020), sebanyak 222 warga menerima dana tunai bantuan MDMC-Solidar melalui BSM. Karena melalui BSM masyarakat dimudahkan membuka Rekening secara online.

Sementara Branch Manager BSM KCP Palu Tadulako, Mohammad Hidayat mengatakan, BSM memberikan kemudahan dalam pembukaan rekening secara online tanpa harus datang ke kantor BSM. Salah satu contohnya adalah di Kecamatan Sirenja sebagai daerah remote.

“Dalam proses pencairan dana tunai bersyarat ini, MDMC memberikan kepercayaan kepada BSM,” tutur Hidayat.

Kata dia, BSM BUREKOL (Pembukaan Rekening Online) ini, sengaja menyasar daerah remote seperti Kecamatan Sirenja, tujuannya untuk memudahkan warga dalam bertransaksi menggunakan BSM online.

“Saat ini, Mandiri Syariah Mobile (MSM) memiliki fitur yang sangat lengkap, mulai dari pembayaran hampir semua merchant, top up gopay, Ovo, link aja, beli pulsa, bayar BPJS, dan lain-lain. Bahkan ada juga fitur tarik tunai tanpa ATM,” tandasnya.(*)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.