Dari Donggala untuk Dunia

Fraksi Nasdem Soroti RAPBD Donggala 2020

0 155

BANAWA, SUARADONGGALA.ID– Fraksi Nasdem DPRD Donggala menyoroti Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2020. Utamanya pada kebutuhan rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana belum.

Melalui juru bicaranya, Widya Kastrena Darma Sida, pada penyampaian pandangan umum fraksi yang digelar Kamis (22/11) fraksi Nasdem menilai dalam dokumen pengantar nota keuangan yang disampaikan bupati Donggala Kasman lassa, belum tergambar jelas upaya nyata penanggulangan pasca bencana.

Namun demikian sebut Widya, keberhasilan pemerintah kabupaten Donggala dalam menjalin komunikasi dengan semua pihak dalam membantu penanggulangan bencana patut diapresiasi.

Ketua KNPI Donggala ini menekankan, pemkab Donggala sebaiknya memfokuskan RAPBD pada upaya percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di daerah itu. Bagi Fraksi Nasdem, tidak ada agenda lebih mendesak selain percepatan proses pemulihan.

“Jadi tidak boleh ditawar lagi APBD tahun 2020 digunakan untuk mempercepat proses pemulihan,” kata Widya.

Widya mengatakan belum terpenuhinya hak-hak penyintas, kemiskinan yang semakin meningkat, pengangguran, minimnya pendidikan tangguh bencana, dan berbagai persoalan lain menjadi sorotan fraksi Nasdem.

Maka, Fraksi Nasdem, tambah Widya menyarankan beberapa hal penting kepada Pemkab Donggala antara lain pembentukan kaukus yang bertujuan mengawal transparansi bantuan anggaran publik (hibah dan APBN) dan penggunaanya.

Membangun posko pengaduan bencana di tiap pengungsian agar segera diketahui persoalan yang terjadi. Mendorong pendidikan perspektif tangguh bencana baik formal maupun informal, salah satunya menjadikan pembelajaran tangguh bencana sebagai muatan lokal di semua tingkatan sekolah.

Mendorong pemkab Donggala agar menyusun revisi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dengan perspektif tangguh bencana, transparan, dan partisipatif. “Kami berharap, agar proses pembahasan RAPBD dapat dimaksimalkan sehingga menghasilkan APBD yang benar-benar mengabdi pada kebutuhan rekonstruksi dan rehabilitasi,” demikian Widya. (/J Rizal)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.