Imam Basuki: Towale Kita Jadikan Pusat Tenun Donggala

Penulis: Mohammad Akib

0 116

BANAWA TENGAH, suaradonggala.id — Asosiasi Tenun Donggala menggelar Musyawarah Besar (Mubes) sekaligus pemilihan Ketua di desa Towale kecamatan Banawa Tengah, Sabtu (01-02-2020)

Imam basuki terpilih menjadi ketua Asosiasi Tenun Donggala masa bhakti 2020 – 2025. Kepada suaradonggala.id Imam mengatakan setelah terpilih ia langsung menyusun program kerja lima tahun.

“Kita akan menyusun kelengkapan kepengurusan dan sekretariat. Kemudian identifikasi dan inventaris anggota pengrajin. Pendampingan dan memfasilitasi pengrajin dan stakeholder,” katanya,

Dikatannya ada pula terobosan dilakukan oleh pengurus baru antara lain wajah pengrajin tenun harus di nampakkan. Pengrajin yang di pinggir jalan poros di buatkan rumah-rumah tenun. Agar mudah promosinya.

“Identitas papan nama akan di bangun selamat datang di sentra desa tenun tersebut,”ujarnya

Dia menjelaskan konsep desa tenun sudah dimulai. Imam berencana mengajak perwakilan Bank Indonesia (BI) untuk merealisasikan bantuan sosialnya atau lokal ekonomi development.

Menurut pemerhati tenun Donggala ini, ia merekomendasikan desa Towale menjadi sentra tenun. Ia akan mengajak semua pihak untuk bahu membahu membangun desa tenun. Yang nantinya akan jadi percontohan untuk desa tenun lainya.

“Saatnya kita fokus dan sinergi, tinggalkan cara-cara lama yang kerja sendiri-sendiri tanpa kemitraan dan tak fokus. Insha Allah usaha tenun Donggala dapat mendorong ekonomi rakyat dan membantu pemerintah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),” terangnya.

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.