Dari Donggala untuk Dunia

Istri Wabup Donggala Buka Festival Pangan Lokal

0 207

BANAWA– Istri wakil bupati Donggala, Fany Sirey Moar, SE membuka dengan resmi lomba festifal pangan lokal 2019. Fany juga menjadi juri dalam lomba tersebut.

Festival dengan tema Beragam, Bergizi,Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Donggala ini di gelar di Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura, Rabu (31/7/2019)

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK ini menekankan pentingnya mengkonsumsi pangan lokal. Pangan lokal non beras sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Masih rendahnya pemanfaatan pangan lokal seperi umbi-umbian lanjut Fany  di picu karena presepsi yang salah sebagian masyarakat yang menganggap pangan lokal sebagai pangan inferior  (lebih rendah).

Fany memeriksa hasil peserta lomba

Padahal kata dia, sumbangan energi dari pangan lokal seperti umbi-umbian setara dengan energi yang di hasilkan oleh nasi. Namun pangan lokal tersebut masih di pandang sebelah mata.

“Sebagai perbandingan, kalori 100 gram nasi sama dengan 100 gram singkong, 50 gram bihun, 50 gram jagung, 50 gram sagu, dan 200 gram kentang,” ujarnya.

Upaya perbaikan konsumsi rumah tangga ungkap alumini ekonomi Untad ini di mulai dengan perbaikan konsumsi pangan dengan norma gizi dan kesehatan.

Konsumsi pangan dengan gizi seimbang kata Fany akan meningkatkan sumberdaya manusia, baik peningkatan kemampuan intelegensinya maupun kemampuan fisiknya.

Fany menyerahkan tropi bagi peseta yang meraih juara

 

“konsumsi pangan yang sesuai norma gizi dan kesehatan akan melahirkan generasi yang tangguh. Generasi yang menjadi tulang punggung bagi tumbuh kembang sebuah bangsa,” sebutnya.

Dalam sambutnya, Fany berpesan kepada peserta lomba agar tidak semata-mata mengejar hadiah ataupun pujian.

Namun ia meminta agar peserta lomba dapat menyampaikan ke masyarakat luas pentingnya mengkonsumsi pangan lokal. Serta mengangkat citra dan martabat pangan lokal di Kabupaten Donggala. (Jose Rizal)

 

 

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.