Dari Donggala untuk Dunia

Kemendes Gelar Pelatihan Pewarna Tenun di Donggala

0 69

BANAWA-Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar pelatihan peningkatan nilai tambah tenun pewarna alam (eco fashion).

Pelatihan yang di pusatkan di Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala ini menghadirkan Merdi Sihombing, desainer ternama Indonesia.

Pelatihan yang di ikuti 20 orang peserta dari empat desa itu bertujuan untuk membangkitkan semangat warga Donggala khususnya kaum perempuan pasca benca alam gempa bumi dan tsunami pada 28 September 2018 silam.

Kepala Direktorat Pengembangan Sumber Daya dan Lingkungan Hidup, DR. Dwi Rudi Hartoyo, mengatakan, Donggala sejak lama mengembangkan tenun sarung yang sudah cukup terkenal.

Hal itu menjadi landasan Kemendes memilih Donggala bersama lima kabupaten lainya di Indonesia untuk menggelar pelatihan.

Lanjut Dwi Rudi, hasil pelatihan penenun Donggala akan di pamerkan pada launching desa wisata di Lombok pada 24 sampai 25 Juli 2019 dan mengikutsertakan satu orang penenun Donggala di acara tersebut.

“Melalui pelatihan ini diharapkan ada nilai tambah untuk peningkatan ekonomi masyarakat pasca bencana alam,” ujarnya saat menutup acara pelatihan tersebut, Rabu (3/7/2019)

Sementara itu, Wakil Bupati Donggala, Moh Yasin, S.Sos dalam amanatnya menyampaikan terima kasih kepada Kemendes PDTT yang telah melaksanakan pelatihan di Donggala.

Kata Yasin Pemkab Donggala saat ini sedang mencari peluang usaha konservatif diluar dari sektor tambang yang bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

“Semoga dengan pelatihan ini akan terbuka usaha baru yang bisa meningkatkan PAD. Saya mewakili Pemkab Donggala mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kemendes PDTT,” ujarnya.

Yasin mengaku bahwa Donggala masih butuh bantuan dana dari pemerintah pusat. Ia berharap Pemkab Donggala bisa diterima bila datang meminta bantuan kepada Kemendes PDTT. (J.Rizal)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.