Dari Donggala untuk Dunia

Kepsek SMP 5 Sirenja Jalani Pemeriksaan

0 929

SIRENJA,suaradonggala.id – kepala sekolah SMP 5 Sirenja, AH. desa Sibado jalani pemeriksaan di Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Tompe atas dugaan penyimpangan dana pada pembangunan Unit Sekolah Baru (USB), Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Cabajari Tompe, Irwandi Ashadi, SH. Rabu (27/10/21)

Ia mengatakan pada proyek tahun 2018 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada Direktorat Pembinaan SMP dengan nilai total anggaran Rp. 1.240.874.000, kemudian terjadi bencana gempa bumi pada tahun tersebut sehingga menyebabkan pekerjaan terhenti dan menyebabkan sebagian besar bagian bangunan mengalami kerusakan berat.

Namun kata dia, berdasarkan perhitungan tim perencana dan pengawas bahwa penelusuran selisih material yang sudah dibayarkan .tapi, belum digunakan yang ada dilapangan senilai Rp. 249.373.000 yang terlampir dalam perhitungan rekap Material On Site (MOS).

“ Bahwa Material On Site (MOS) dari hasil penyelidikan tidak ditemukan di lokasi sekolah dan tidak dapat dipertanggungjawabkan,” Jelasnya

Lanjut ia katakan selain Kepsek, panitia pembangunan hingga tukang juga ikut menjalani pemeriksaan (26/10) di kantor Cabjari Tompe.

“ Bukan hanya kepala sekolah yang diperiksa tapi semua panitia dan para tukang terkait pembangunan USB SMP 5 Sirenja Desa Sibado, kami juga masih pendalaman saksi-saksi dan Laporan Pertanggungjawaban (PTJ),” Tegasnya

Karna masih dalam tahapan penanganan “penyidikan” tentunya belum memutuskan tersangkanya. Demikian Irwandi.

kemudian pada tahun 2019 dianggarkan lagi untuk pembangunan USB dari dana APBN dengan total anggaran Rp. 1.463.266.000 dengan perubahan dalam RAB sebekumnya berupa pengurangan dan penambahan beberapa item pekerjaan dan selajutnya pembangunan tersebut selesai 100%. (AKB)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.