Ketua DPRD Donggala Hadiri Panen Raya Durian di Salungkaenu

Penulis: Mohammad Akib

0 270

BANAWA SELATAN, suaradonggala.id – Ketua DPRD Donggala Takwin di dampingi Camat Banawa Selatan Hasan Nurdin menghadiri Panen Raya Durian di desa Salungkaenu, Jumat (28/2/2020) malam.

Panen raya yang dikenal dengan Novunja itu, merupakan acara tahunan masyarakat Salungkaenu sebagai ungkapan rasa syukur kepada sang pengcipta atas melimpahnya hasil panen buah-buahan.

Sebelum acara Vunja di mulai, ketua adat setempat menggelar ritual Rego yakni mengelilingi pohon yang telah d bubuhi buah-buahan. Rego ini merupakan ritual turun temurun dilaksanakan saat panen raya.

“Alhamdulillah tahun 2020 ini hasil panen buah-buahan di desa Salungkaenu ataupun di kecamatan Banawa Selatan melimpah ruah,” jelas camat Banawa Selatan Hasan

Durian, rambutan, dan langsat tutur Hasan buahnya banyak beda di tahun lalu.

Ketua dewan adat melakukan ritual rego

Acara adat Novunja ini juga dihadiri Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja dan Hubungan Industri Nakertrans Donggala Bakri dan beberapa kepala desa yang ada di Banawa Selatan beserta tokoh adat dan tokoh agama.

“Alhamdulillah sudah 3 desa di Banawa Selatan yang membuat acara adat ini dan suatu kebanggaan saya di undang terus untuk menghadiri,” ujar ketua DPRD Donggala

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai PKS Donggala ini mengapresiasi atas kegiatan dilakukan dan mengajak setiap Kepala Keluarga menanam pohon durian.

“Bayangkan jika 162 kk yang menanam pohon durian,saya yakin kedepan desa Salungkaenu pemasok durian terbanyak di Banawa Selatan,” katanya.

Sementara itu Ashar, Kepala Desa (Kades) Salungkaenu merasa bangga atas kedatangan ketua DPRD kabupaten Donggala.

“Saya berterima kasih kepada pak ketua DPRD atas kedatangannya di desa kami dan kami berharap agar listrik di desa kami di masukkan sudah pak ketua,” harapnya. (*)

Editor: J Rizal

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.