Dari Donggala untuk Dunia

Kisah Piluh, Balita Tunanetra Ditinggal Ibunya Kini Diasuh Oleh Tantenya Dihuntara Donggala

0 234

Suaradonggala.id,BANAWA — Kisah piluh di alami ananda Nadira, sosok balita yang telah mengalami kebutaan indera penglihatan yakni matanya semenjak berusia lima bulan.

Balita yang di tinggal oleh ibunya pada saat berumur sebulan ini sekarang tinggal bersama tantenya bernama Citra Dewi, sebelumnya ayah dari Nadira harus menjalani kurungan penjara akibat tersandung kasus narkoba.

Citra yang berkeluarga dengan ayah Nadira ini langsung mengambil hak asuh dari Nadira bersama dengan suami dan mengatakan bahwa Nadira sudah kami anggap anak sendiri.

Citra Dewi bersama dengan anak gadisnya dan ananda Nadira (Tengah)

Sebelum tinggal dihunian sementara (huntara) yang di bangun oleh pemerintah daerah tepatnya di kecamatan Banawa Kelurahan Gunung Bale, Citra tinggal di kelurahan Tanjung Batu dan rumahnya yang beberapa tahun lalu hancur diterjang tsunami. Wanita yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga ini mempunyai empat orang anak dan seorang suami yang bekerja sebagai nelayan.

“Alhamdulillah Nadira sudah kami masukkan di kartu keluarga, bersama dengan empat anakku dan ibunya Nadira dengar kabar sudah berada di kalimantan,” ucap Dewi saat di hubungi melalui telepon seluler, Kamis (27/11/20)

Lanjut ia mengatakan bahwa sebelumnya saya bersama suami merujuk Nadira ke dokter untuk melakukan pemeriksaan matanya dengan cara mengumpulkan uang dari hasil nelayan suami karna kami sekeluarga belum terdaftar Bpjs Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Kiranya Pemda melihat dan membantu kami, mungkin dengan membantu biaya operasi mata ananda Nadira,” Harapnya

Sementara itu salah satu relawan Donggala Yeye mengatakan saat ini kondisi kesehatan Nadira relative sehat. Nadira juga bisa beraktivitas seperti balita pada umumnya dan kami sudah bawa ke rumah sakit yang berada di kota Palu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Gangguan hanya ada di kedua matanya, makanya kalau berjalan atau makan sudah harus didampingi,” ucap Yeye saat di hubungi melalui telepon seluler

” Ananda Nadira kini berusia dua tahun tiga bulan ini diketahui mengalami kebutaan total. Di kedua matanya seperti ada daging tipis yang mulai menutupi retina matanya yang harus menjalani operasi.” tutupnya (AKB)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.