Dari Donggala untuk Dunia

Kurniawati: Ketokohan Pue Lasadindi Tidak Terbantahkan

0 176

SINDUE- Bupati Donggala Kasman Lassa, SH, MH, bersama Wakil Bupati Donggala Moh. Yasin, S.Sos menerima kunjungan dari Tim Peneliti Pengkajian Gelar Pahlawan Pusat (TP2GP) Kementrian Sosial Republik Indonesia.

Rombongan TP2GP Kemensos RI diterima Bupati dan Wakil Bupati di kediaman Ndo’o Ratu Hindia, putri sulung Pue Lasadindi, di desa Enu, Kecamatan Sindue, Senin (29/7/2019)

Pue Lasadindi, tokoh kharismatik dan misterius dari Kecamatan Sindue itu bersama beberapa tokoh lainnya di usulkan sebagai pahlawan Nasional dari Sulawesi Tengah.

Dr. Kurniawati, kepala rombongan TP2GP mengatakan kunjungan ke desa Enu menindaklanjuti usulan yang telah diajukan oleh Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola.

Menurut Kurniawati, Gubernur Longki mengusulkan nama Pue Lasadindi sebagai pahlawan Nasional dari Kabupaten Donggala. Usual tersebut sudah dalam proses pembahasan.

“Kami sudah terima berkasnya dan lengkap semuanya. Tahap selanjutnya adalah pembahasan,” ujarnya.

Lanjut Kurniawati, yang utama kriteria calon pahlawan nasional memiliki sejarah perjuangan melawan penjajahan baik di masa penjajahan Belanda maupun di masa penjajahan Jepang.

“Inilah salah satu alasan tim turun melihat secara langsung karena bisa berbeda dengan apa yang di laporkan dengan apa yang ada di lapangan,” katanya di hadapan masyarakat

Banyaknya masyarakat berkumpul ujar Kurniawati menjadi bukti kecintaan masyarakat dan pengakuan keberadaan masyarakat terhadap tokoh Pue Lasadindi.

“Banyaknya masyarakat yang hadir hari ini karena ketokohan Pue Lasadindi. Inilah fakta yang tidak bisa terbantahkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Kasman Lassa menyampaikan Pue Lasadindi merupakan ulama kharismatik dan berkarakter karena di percaya memiliki karomah.
Pue Lasadindi juga di percaya memiliki kemampuan menerawang kejadian di masa yang akan datang. Ketokohannya tidak di ragukan lagi dan diakui oleh seluruh masyarakat Sulteng.

“Mudah-mudahan usulan Pue Lasadindi menjadi pahlawan Nasional akan menjadi kenyataan,” tutup Kasman. (J.Rizal)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.