Dari Donggala untuk Dunia

Lantik Anggota Panwascam, Ini Pesan Ketua Bawaslu Donggala

0 192

PALU, suaradonggala.id– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Donggala melantik sebanyak 48 orang Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) terpilih dari 16 Kecamatan, Minggu (22/12/2019).

Sebanyak 48 anggota Panwascam yang dilantik, telah mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh Bawaslu Donggala dari tanggal 27 November hingga pengumuman pada tanggal 18 Desember 2019.

Panwascam tersebut akan bekerja pada tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng yang akan dilaksanakan tahun 2020.

Sebelum pelantikan, terlebih dahulu dibacakan Surat Keputusan (SK) Bawaslu Donggala oleh Sekretaris Bawaslu Donggala Djunaedi. Dan pembacaan pakta integritas.

Pelantikan yang dilaksanakan di hotel Parama Su, kota Palu tersebut dihadiri anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo, anggota Bawaslu Sulteng Jamrin dan staf ahli Bawaslu RI Dr. Abdullah Iskandar.

“Dari 195 pendaftar yang berpartisipasi hanya 48 orang yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti tahapan wawancara yang dilaksanakan oleh Pokja Bawaslu Donggala,” kata Minhar.

Rekrutmen Panwascam lanjut Minhar merupakan kewenangan Bawaslu Donggala yang harus dilaksanakan. Tahapan-tahapan yang dilakukan mulai dari sosialisasi pendaftaran, pengumuman pendaftaran, penerimaan berkas, hingga masa perpanjangan waktu pendaftaran.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji kata Minhar bukan hanya sekedar melaksanakan amanah dan ketentuan normatif, melainkan juga melaksanakan amanah kepada Tuhan.

 

Pengambilan sumpah janji anggota Panwascam

 

“Saya berpesan agar Panwascam yang baru saja dilantik sekiranya dapat mendesain kelembagaan di tinggkat kecamatan untuk saling menguatkan, saling mengisi dan mendukung, sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan optimal,” ujarnya.

Menghadapi pesta demokrasi tahun 2020 Minhar menekankan agar anggota Panwascam harus dapat mencegah dan menyelesaikan masalah serta tantangan kelembagaan baik dari internal maupun eksternal dengan penuh tanggungjawab.

“Hal itu diwujudkan dengan berpegang teguh pada prinsip dan nilai hukum secara konsisten,” ucapnya.

Menurut Minhar, jika solidaritas, loyalitas dan integritas dapat terbangun dengan menitik beratkan pada nilai-nilai hukum yang konsisten, Panwascam akan mampu menghadapi tantangan yang terjadi. (*)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.