Dari Donggala untuk Dunia

LSM Soal Posisi Kepala BKPSDM Donggala

Sub: Kasman dinilai keliru

0 1.968

suaradonggala.id,BANAWA — LSM Pemerhati Hukum dan Pembangunan Daerah, Jumat pagi (02/07/21/Red). menyerahkan langsung laporannya ke ketua DPRD Donggala

Hal ini terkait pelanggaran Bupati Donggala, Kasman Lassa terhadap ketentuan UU Nomor 30 Tahun 2014, dimana BUPATI DONGGALA TELAH MELAMPAUI WEWENANG yang berakibat terjadinya praktek Kolusi Korupsi Nepotisme (KKN) atas pengangkatan Saudara Najamudin Laganing sejak tahun 2014-2021.

Pasalnya status Aparatur Sipil Negara (ASN) Najamudin Laganing sejak tahun 2014 tidak dan bukan merupakan ASN Devenitif Donggala melainkan merupakan ASN Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud) yang diperbantukan oleh Universitas Tadulako (Untad) kepada Donggala berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 10364/A4.3/KP/2015, Tanggal 8 April 2015, yang mana kewenangan diberikan kepada Drs. Najamudin Laganing. dalam tugas pembantuan hanya Untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Bidang Kepengusahaan pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.

Namun demikian hingga masa berlakunya kewenangan yang bersangkutan secara hukum berakhir pada tahun 2017 karena Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kab.Donggala telah dialihkan ke Propinsi.

Sehingga secara hukum Bupati Donggala tidak mempunyai kewenangan untuk mengangkat, memindahkan dan atau memberhentikannya.

Atas keadaan tersebut, menyebabkan Sdr. Najamudin Laganing semenjak tahun 2017 hingga 2021 mengalami “cacat hukum” menjabat sejumlah jabatan yang diberikan oleh Bupati Donggala.

Kini saudara Najamudin Laganing menjabat sebagai Pelaksana tugas dalam administrasi Negara di Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Donggala.

pengaduan itu diserahkan langsung ke ketua DPRD Takwin dalam bentuk dokumen.

“ iya kami sudah menerima laporan LSM lembaga pemerhati hukum dan pembangunan dari ketuanya langsung Muh Amin Sandilana, kami DPRD diminta menidaklanjutinya. ” Ucap Takwin

Sementara itu kepala BKPSDM Najamudin Laganing saat dikonfirmasi menjawab apakah konfirmasi ini ada hubungannya dengan SK Mutasi (sambil mengirimkan SK adik wartwan) sehingga kita pertanyakan?

“ iya dinda apa ada hubungannya dengan ini (SK Mutasi)? Maka kita pertanyakan itu? Mohon maaf dindaku karena kanda sudah lama di donggala,tidak pernah tanya tentang itu, makanya kanda balik tanya apa tidak ada hubungannya dnegan mutasi? Yang jelas kanda sudah pindah Full di donggala. ” Jelasnya. (TIM)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.