Dari Donggala untuk Dunia

Moh Fahri : Tingkat Kesadaran Bayar Pajak Masih Kurang

0 613

Suaradonggala.id,BANAWA — Kepala Badan  pendapatan Donggala, Moh Fahri mengungkapkan jika hingga hari ini masyarakat masih acuh dan kesadaran untuk bayar pajak sangat kurang. Padahal pajak sendiri untuk membangun pembangunan yang berada di kabupaten Donggala.

Fahri juga mengatakan bahwa sektor pendapatan pajak terbesar saat ini adalah Galian C, tetapi untuk saat ini pendapatan pajak tersbut mulai menurun karena wabah Covid-19.

“ kami sudah diwarning ini, artinya kita jangan Cuma mengandalkan pemasukan pajak dari sektor Galian C saja, sektor lain harus kita genjot, ” kata kaban, Senin (14/0621)

Fahri juga menjelaskan bahwa ditahun 2021 ini pajak galian C menurun ibaratnya 100 tongkang lebih perbedaan pendapatan dikarenakan kota balikpapam sebagai pembeli material masuk zona merah, belum lagi pembangunan ibu kota baru di kalimantan mengalami penundaan karena pemangkasan dana.

Lanjut ia katakan bahwa ada 30 perusahaaan galian C yang aktif, untuk tahun ini belum bisa memastikan jumlah penurunan pemasukan pajaknya, tapi kalau melihat kondisi covid sekarang kira-kira 100 tongkang perbedaannya dengan tahun-tahun kemarin.

“ Tahun 2019-2020 pendapatan sektor galian C sebesar 20M pertahun, ” Bebernya.

Olehnya itu untuk menutupi turunnya pemasukan sektor galian C, pihaknya akan mengenjot sektor pajak lainnya seperti sarang walet, rumah makan, dan pajak bumi bangunan.

“ kesadaran masyarakat kami masih rendah dalam menyumbang pajak daerah, contoh pajak Rumah makan, kalau anggota kami menagih Cuma dikejar parang, begitu juga pajak bumi bangunan (PBB) juga rendah, kalau pajak burung walet sudah masuk melalui salah satu pengusaha burung walet 10% dari penjualan sarang walet. ” Ungkapnya (AKB)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.