Dari Donggala untuk Dunia

Moh Taufik: Kami Tolak APBD Bila Tidak Fokus Pada Rehabilitasi Pasca Bencana

0 652

BANAWA, SUARADONGGALA.ID– Ketua fraksi Nasdem DPRD Donggala Moh Taufik akan menolak Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2020 bila anggaran tidak difokuskan pada rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana.

“Kami akan menolak APBD bila rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana tidak menjadi perhatian pemda,” katanya, Selasa (26/11)

Fraksi Nasdem akan melakukan langkah-langkah politik sampai kebutuhan untuk rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana bisa disiapkan oleh Pemkab Donggala.

Ditambahkannya, Pemda Donggala sudah menerima dana hibah dari APBN sekitar 500 miliar lebih untuk pengadaan tanah membangun hunian tetap bagi masyarakat terdampak bencana. Anggaran tersebut untuk rehabilitas rumah yang rusak berat, ringan, dan sedang.

“Namun kalau saya mencermati dalam RAPBD 2020 tidak ada dianggarkan untuk pengadaan tanah untuk pembangunan huntap. Memang di APBD perubahan sudah dianggarkan tapi kan belum cukup. Hanya ada di beberapa titik saja, sementara di beberapa titik belum terselesaikan,” ujar dia.

Mantan aktivis mahasiswa ini menegaskan rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana merupakan hasil workshop partai Nasdem Sulawesi Tengah APBD harus mencerminkan rekonstruksi dan rehabilitasi. Siapapun kader partai Nasdem tidak bersepakat dengan hasil workshop berarti tidak patuh terhadap keputusan partai.

Wakil bupati Donggala Moh Yasin dalam menyampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi- frkasi atas pidato pengantar nota kuangan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2020 mengatakan Pemkab Donggala akan memfokuskan anggaran untuk pemulihan pasca bencana.

“Pada prinsipnya pemulihan kondisi daerah dan masyarakat tidak boleh ditawar lagi. Untuk itu kami terus berupaya mempercepat proses pemulihan pasca bencana. Kita akui sebagaian besar anggaran rekonstruksi sudah masuk dalam anggaran terpilah yang bersumber dari APBN,” ujar Yasin. (/J Rizal)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.