Dari Donggala untuk Dunia

Nasdem-Gerindra Mulai Tawar Menawar

Hanura, Perindo, Berkarya Komitmen Bentuk Satu Fraksi di DPRD Donggala

0 261

Kecamatan Banawa– Setelah resmi dilantik pada Jumat (30/8) pekan lalu, tugas selanjutnya pimpinan dewan memfasilitasi pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Diperkirakan perbutan posisi AKD ini akan berjalan alot.

AKD yang akan dibentuk meliputi, Badan Anggaran, (Banggar) Ketua Komisi, Sekretaris Komisi dan wakil ketua Komisi, Badan Pembentukan Perda (Banperda) dan Badan Kehormatan (BK).

Dari komposisi jumlah kursi di DPRD Donggala potensi jumlah fraksi dibentuk sebanyak enam fraksi yakni fraksi PKS, Nasdem, Gerindra, Golkar, PKB, dan PDIP.

Namun jumlah fraksi dapat bertambah menjadi tujuh bila partai pemilik satu kursi yakni PAN, Perindo, Berkarya, dan Hanura berkoalisi karena syarat pmembentuk fraksi minimal tiga kursi.

Pantauan media ini, tawar menawar posisi AKD ini sudah mulai menghangat. Pasalnya, Sahlan L Tandamusu, Sekretaris Partai Nasdem Donggala mengajak Calvin Soputra politis Perindo bergabung ke fraksi Nasdem.

Tawarannya pun tidak main-main, jika Calvin mau bergabung, anggota DPRD dari Dapil empat itu ditawarkan posisi sebagai anggota Badan Anggaran. Namun menurut Calvin Soputra tawaran tersebut menarik, hanya saja Perindo sudah membangun komunikasi dari jauh hari dengan Hanura dan Berkarya.

“Kami beri posisi Banggar jika Perindro bergabung bersama Nasdem,” ungkap Sahlan.

Menurut Sahlan Nasdem menginginkan fraksi gemuk dengan target maksimal tujuh kursi. Selain partai Perindo, Nasdem mulai membangun komunikasi politik dengan partai Hanura yang telah mendudukan Safia sebagai wakilnya di parlemen.

Sahlan menegaskan, Jika PAN, Perindo, Berkarya, dan Hanura membentuk satu fraksi maka dipastikan tidak akan dapat posisi di AKD karena dinilai lemah melakukan lobi politik.

“Mereka nantinya akan gigit jari,” katanya.

Apalagi lanjut Sahlan, tiga partai penguasa di dewan yakni PKS, Nasdem, dan Gerindra, akan pasang badan dalam menentukan posisi posisi strategis di AKD.

Lobi politik juga datang dari partai Gerindra yang menginginkan Perindo atau Berkarya masuk dalam koalisi fraksinya.

Sementara itu Safia, disela perbincangan pada Senin (2/9) tetap komitmen akan membentuk fraksi baru dengan nama Persatuan Hati Nurani Berkarya.

Pembentukan fraksi baru ini bukan tanpa alasan, sebab telah ada dua partai yang akan bergabung kedalam fraksi baru ini yakni, partai Perindo dan partai Berkarya. (/zy)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.