Dari Donggala untuk Dunia

Nelayan Donggala Korban Bencana Terima Bantuan

0 143

Kecamatan Banawa– Sebanyak1.533 nelayan korban bencana alam di Kabupaten Donggala menerima bantuan alat tangkap ikan skala kecil dari Food and Agriculture Organization (FAO). Bantuan diserahkan kepada enam perwakilan nelayan Rabu (28/8/2019)

Selain alat tangkap ikan nelayan Donggala juga menerima Kartu Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) kartu asuransi nelayan, klaim asuransi nelayan dan kredit mikro nelayan.

Wakil Bupati Donggala Moh Yasin mengatakan alat tangkap ikan skala kecil yang diserahkan sangat membantu nelayan miskin utamanya nelayan korban bencana alam. Ia berharap agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan taraf hidup keluarga nelayan.

Yasin mengatakan meski wilayah Donggala hampir 80 persen laut dan memiliki potensi sumber daya alam yang besar namun belum memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Melalui kementerian terkait Yasin meminta bantuan fasilitas perikanan yang cukup sehingga masyarakat nelayan di Donggala bisa berdaya.

“Apalagi pasca bencana Kabupaten Donggala mengalami keterpurukan. Sumber pendapatan masyarakat seperti pertanian dan nelayan hancur,” sebutnya.

Dengan begitu ungkap Yasin masyarakat khususnya nelayan Donggala bisa bangkit dan tidak lagi menjadi penonton di kampung sendiri.

Asisten FAO Agung Herianto dalam sambutanya mengatakan FAO selalu hadir di dalam setiap peristiwa bencana yang ada di Indonesia. FAO memberikan perhatian kepada kelompok petani dan nelayan.

“Hal ini sudah menjadi komitmen FAO sejak awal diseluruh dunia,” ujarnya

Agung berharap kerjasama FAO dan Direktorat Jendral Kementerian Perikanan Tangkap KKP dapat lebih ditingkatkan di masa depan.

Sementara itu, kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Donggala Ali Assagaf melaporkan sejak terjadinya gempa dan tsunami, banyak lembaga non pemerintah membantu antara lain FAO, Wahana Visi dan Pemerintah Kota Surabaya.

Bantuan itu kata Ali tersebar di Sembilan kecamatan yang terdampak bencana gempa bumi dan tsunami. Jumlah nelayan Donggala yang terdampak sebanyak 1.533 orang. (/jr)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.