Dari Donggala untuk Dunia

Pemkab Donggala Gelar Zikir Kenang Satu Tahun Bencana

Penulis: Lily Arya/Jose Rizal

0 72

Kecamatan Banawa– Ratusan warga Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala mengenang 1 tahun gempa bumi dan tsunami dengan menggelar Tahlil, Dzikir dan Ceramah Agama. Acara itu di gelar di Halaman Kantor Bupati, Jum’at (27/9/2019) petang.

Ratusan warga terdiri dari orang tua, muda, anak-anak, remaja dan orang dewasa itu berbondong-bondong memadati halaman kantor bupati Donggala. Pukul 16.00 WITA warga dengan khusyuk mendoakan seluruh korban bencana meninggal dipimpin Prof. Dr. H. Zainal Abidin.

Dalam tausiyahnya Zainal Abidin menyampaikan mudah-mudahan doa yang dikirimkan kepada korban gempa, stunami dan likuifaksi mendapat ampunan dari Allah SWT.

Bagi yang ditinggalkan Zainal berpesan agar diberikan kekuatan dan ketabahan sekaligus kesehatan untuk melanjutkan perjuangan khususnya membangunan Kabupaten Donggala untuk kesejahteraan seluruh masyarakat yang ada di Kab.Donggala.

Mantan Rektor IAIN Palu ini mengatakan para ahli menyebutkan gempa yang terjadi pada tanggal 28 September 2018 akan kembali lagi setiap 50 tahun, tetapi dalam prespektif Al-quran tidak menyebutkan kapan bencana itu datang lagi.

“Boleh jadi dengan doa, dzikir dan tahlil akan menolak Azab, musibah dan bala Allah SWT yang datang,” katanya.

Karena dengan berdoa berdzikir dan tahlil itu lanjut dia bisa menolak bala kehancuran dimuka bumi, dengan tahlil dzikir dan doa juga Insya Allah Gempa, tsunami dan likuifaksi tidak akan kembali lagi.

Zainal mengajak para jamaah zikir melakukan pendekatan kepada Allah SWT dalam prespektif Al-quran bahwa bencana dan malapetaka marah bahaya itu bisa dijauhkan oleh Allah SWT.

“Marilah kita banyak berzikir dan berdoa mendekatkan diri kepada Allah SWT karena gempa tsunami dan likuifaksi itu adalah peringatan Allah SWT dan mengingatkan kita,” ucapnya.

Sementara itu bupati Donggala Kasman Lassa dalam amanatnya mengatakan acara zikir tersebut untuk mengenang kejadian tanggal 28/9/2018 dimana banyak warga Donggala menjadi korban.

Bupati Kasman tak lupa menyampaikan terima kasih kepada semua warga yang telah hadir pada acara zikir. Menurut Kasman acara zikir itu juga merupakan rangkaian menyambut kegiatan Hall Marathon yang akan digelar Sabtu 28 September 2019.

Pada kegiatan dzikir tersebut turut hadiri Wakil Bupati (Wabup) Donggala Moh. Yasin, Sekretaris Daerah H. Aidil Nur, Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Donggala, Ustad Abd. Wahid Muhammad, Pejabat Eselon II, III dan IV, Para Camat, seluruh pegawai baik ASN maupun PHL yang ada di lingkup Pemerintahan Kab. Donggala. (/lily/jr)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.