Dari Donggala untuk Dunia

Pesan Wabup Yasin Saat Hadiri Ritual Adat Memandikan Bulava Mpongeo di Towale

0 366

Kecamatan Banawa Tengah– Wakil Bupati Donggala Moh Yasin di dampingi Kabag Humas Anhar menghadiri upacara adat memandikan Bulava Mpongeo atau emas mengeong di desa Towale, Banawa Tengah, Senin (23/9/2019)

Ritual memandikan bulava mpongeo merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh warga di wilayah itu.

“Ini adalah kekayaan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan,” kata Yasin dalam sambutannya.

Wabup Yasin berpesan ritual adat istiadat yang sudah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat harus dijaga dan dihargai sebagai titipan leluhur.

Karena menurutnya prosesi ritual adat memandikan bulava mpongeo memiliki makna yang tersirat yang harus didalami karena memiliki nilai pelajaran yang luhur.

Prosesi memandikan bulava mpogeo

Namun kata Yasin ritual memandikan bulava mpongeo di Towale tidak berhenti pada prosesi ritual semata. Tapi bagaimana kekayaan budaya ini sudah menjadi sumber pendapatan ekonomi bagi masyarakat.

Di beberapa daerah ungkap Yasin kekayaaan budaya dan adat istiadat sudah menjadi potensi pereokonomian karena dikelolah dengan baik dan terarah.

“Apa yang harus dilakukan, disinilah peran semua pihak untuk mengemas kegiatan seperti ini dalam bentuk iven yang menarik sehingga bisa mendatangkan wisatawan,” ucapnya.

Donggala ungkap Yasin adalah kabupaten yang kaya baik dari sumber daya alamnya maupun budaya dan adat istiadatnya. Namun kekayaan tersebut belum dikelola secara maksimal.

“Saya bersama bupati Donggala Kasman Lassa sejak dilantik sudah melakukan loncatan bagaimana mengelola sumberdaya yang ada sehingga membawa kesejahteraan bagi masyarakat,” tutup Yasin.(/jr)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.