Dari Donggala untuk Dunia

Petugas Inseminator Labuan Gelar Upsus Siwab Pekan Depan

0 105

Kecamatan Labuan– Petugas inseminator peternakan sapi Donggala akan melaksanakan upaya khusus sapi indukan wajib bunting (Upsus SIWAB) di desa Labuan, Kecamatan Labuan, Rabu (6/11).

Salah seorang petugas inseminator pengembangan sapi Donggala, Sinar, kepada suaradonggala.id mengatakan kegiatan itu untuk mendukung program Sulteng Sejuta Sapi (S3) yang dicanangkan dinas peternakan dan kesehatan hewan Sulawesi Tengah.

“Jika program Upsus Siwab ini berhasil, maka program S3 yang telah dicanangkan di Sulawesi Tengah pun akan dapat kita wujudkan”, ujar Sinar dihubungi saat berada di lokasi peternakan di desa Labuan.

Dia mengatakan salah satu upaya khusus sapi indukan wajib bunting dengan melakukan kawin suntik menggunakan inseminasi buatan (IB)

 

Sinar, salah seorang petugas inseminator memeriksa induk sapi produktif

 

Pemerintah Kabupaten Donggala melalui dinas peternakan dan kesehatan hewan ungkap dia hingga saat ini terus melakukan pengembangan dan peningkatan mutu dan populasi sapi Donggala.

Agar upaya itu, kata Sinar, dapat menunjang peningkatan pendapatan masyarakat petani peternak yang ada di Kabupaten Donggala melalui sektor peternakan.

‘Saya berharap kegiatan ini dilaksanakan secara terpadu dan berkelanjutan, karena sangat berpotensi untuk pengembangan sapi Donggala,” ujarnya.

 

Sinar juga melakukan kawin suntuk kepada induk sapi produktif

 

Untuk diketahui Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola mengatakan jumlah populasi ternak sapi di Sulteng hingga kini sudah mencapai sekitar 400.000-an ekor dan tersebar di seluruh kabupaten/kota.

Longki mengatakan untuk mewujudkan program sejuta sapi sebagaimana yang telah dicanangkan Pemprov Sulteng, pemerintah daerah melalui Dinas Peternakan di seluruh kabupaten dan kota gencar melaksanakan perkawinan alam dan juga IB.

Sesuai data, kata dia, populasi sapi di Sulteng pada 2017 tercatat sebanyak 353.500 ekor. Dan selama tiga tahun ke depan diharapkan bisa bertambah 650.000 ekor sehingga pada 2021 menjadi satu juta ekor sapi potong di Sulteng. (/J Rizal)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.