Dari Donggala untuk Dunia

PMPB Bersama Pemuda Lombonga Bentangkan Sangsaka Merah Putih 20 Meter Di Laut

Sub : Peringatan HUT Republik Indonesia ke- 75

0 175

Suaradonggala.id — BALAESANG – Pos Masyarakat Penanganan Bencana (PMPB) Lombonga bekerjasama dengan Pemuda-pemuda dan Pemerintah Desa Lombonga , merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), dengan cara yang tidak biasa. Belasan perahu nelayan dengan hiasan bernuansa merah putih, membentangkan bendera merah putih sepanjang 20 meter, di perairan Teluk Lombonga, Desa Lombonga, Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala, Senin (17/8/2020).

Hal ini dilakukan untuk turut serta memperingati semarak kemerdekaan Republik Indonesia ke 75, kegiatan ini sengaja dilakukan untuk membangkitkan semangat Pemuda-pemuda desa untuk selalu menjaga kesatuan republik Indonesia dari hal terkecil untuk menuju perubahan besar.

Sebelumnya, bendera tersebut dibentangkan di bibir pantai oleh anak muda setempat. Di belakangnya, perahu nelayan dengan ornamen merah putih, bersiap membentangkan bendera tersebut di perairan laut Teluk Lombonga.

Atraksi ini membuat kawasan Pantai Opa yang terletak di Dusun VI Desa Lombonga, dipadati pengunjung, tidak hanya dari desa tersebut, namun juga dari desa tetangga. Para aparatur Desa Lombonga serta desa lainnya di Kecamatan lainnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Balaesang, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Donggala Saiful Lamboka dan Syafruddin Mahyudin, Kapolsek Balaesang, DANRAMIL, Kades sekecamatan Balaesang, UPTD Pertanian Kec Balaesang, UPTD Kesehatan Kec.Balaeasang.

Ketua PMPB Lombonga Didi Darmawan & Siti Masita yang merupakan mantan Pengurus PMPB yang sekarang menjabat dipemerintahan desa mengatakan kegiatan ini merupakan inisiasi Bersama Pemdes dan PMPB.

“Dukungan besar kami dapatkan dari bapak Akbar Labosa selaku Kepala Desa (Kades)  Lombonga yang merupakan mitra dari PMPB Lombonga,” Ujar Mama Kembar (Makem) sapaan dari ibu Siti Masita

Siti Masita Salah Satu Penggagas Ide Kegiatan Tersebut.

Mengenai ide pelaksanaan kegiatan tersebut menurut Didi, pihaknya melihat model kegiatan serupa dari daerah lain. Namun kata dia, walaupun mengadopsi ide dari daerah lain, pihaknya tetap memberikan nuansa berbeda dalam perayaan tersebut, dilihat dari tujuan pelaksanaan.

“Kami juga sekaligus mau mempromosikan potensi wisata pantai Opa Dusun VI di Desa Lombonga, yakni potensi keindahan pantai dan lautnya,” Tutupnya (AK)

 

 

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.