Dari Donggala untuk Dunia

Puluhan KK Gantung Terima Dana Stimulan

Sub : Penerima Dana Stimulan Salah Sasaran

0 473

Suaradonggala.id,Balaesang Tanjung — Puluhan Warga yang menumpang atau Kartu Keluarga (KK) gantung (KK Fiktif) di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Menerima Dana Stimulan Rusak Berat sebesar 50juta.

Dari hasil investigasi tim liputan,terdapat Sejumlah Desa di Kabupaten Donggala, yang tidak memiliki rumah pada saat gempa bumi,tsunami dan liquifaksi pada 18 September silam, menerima dana stimulant rusak berat.

Pada hal mereka yang memiliki KK gantung ini hanya menumpang di rumah keluarga maupun orang tua mereka. Seperti yang terjadi di desa Palau Kecamatan Balaesang Tanjung.

Di Desa tersebut tim investigasi menemukan puluhan masyarakat yang memiliki KK Gantung menerima dana stimulan. Bahan tak tanggung-tanggung diduga permainan dana stimulant ini melibatkan aparat desa,  tim pendamping, anggota DPRD dan dinas terkait.

“Iya betul pak,banyak yang menumpang dapat bantuan rusak berat.sementara kami yang kategori rusak sedang di alihkan ke rusang ringan,”jelas ibu Ros warga desa Palau. Selasa (09/02/21)

Ibu Ros menambahkan, banyak penerima manfaat rusak sedang, di alihkan ke rusak ringan.

“Bukan Cuma saya yang di alihkan ke rusak ringan, banyak sekali karena kami bukan orangnya kepala desa,” terangnya.

Selain itu para penerima dana stimulan rusak berat yang tidak punya rumah atau menumpang adalah rata-rata keluarga kepala desa dan aparat desa lainnya.

“Banyak yang ba terima itu orangnya kepala desa dan aparat desa yang Cuma menumpang,” tutupnya.

Hal yang sama di ungkapkan Adil,warga desa palau,yang di temui tim liputan infestigasi kasus dugaan penyaluran dana stimulant. Menurut adil, banyak warga desa palau yang menumpang terima dana stimulant rusak berat.

“banyak sekali pak termasuk yang di depan rumah ini pondasinya sebelum gempa sampe sekarang massa dia dapat?padahal tidak ada bangunannya,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangn Bencana Daerah (BPBD) Donggala, Akris Fatah yang di Konfirmasi terkait banyaknya KK Gantong yang terima dana Stimulan rusak berat, membantah adanya kasus KK gantung menerima dana stimulant rusak berat.

“Kalau KK gantung ya kecil kemungkinan tidak ada pak, karena kami pasti coret kalau ada temuan itu.jadi sangat kecil itu tidak ada.” jelasnya. (Ahmad Muhsin)

Berikut Nama-nama KK Gantung yang terima dana stimulant:

Daftar Nama-nama Penerima Dana Stimulan
Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.