Dari Donggala untuk Dunia

Ratusan CPNS Donggala Ikuti Pelatihan Dasar

0 217

Kecamatan Banawa- Sebanyak 160 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2018 di Kabupaten Donggala yang dinyatakan lulus mengikuti pelatihan dasar (Latsar).

CPNS golongan II dan III tersebut mengikuti Latsar yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Donggala di Wisma Haji, Palu Senin (14/10/2019).

Bupati Donggala Kasman Lassa dalam arahanya membuka pelatihan tersebut menegaskan agar seluruh CPNS Kabupaten Donggala mengikuti Latsar dengan sungguh-sungguh.

Kata dia fungsi dan tujuan pelatihan itu dilaksanakan untuk menumbuhkan sikap disiplin dalam tiap-tiap diri CPNS Kabupaten Donggala.

“Kami hanya menerima ASN yang betul-betul disiplin. ASN yang betul-betul memahami tugas pokok dan fungsinya, patuh dengan aturan, jujur, bertanggung jawab dan setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” katanya.

Ditempat yang sama kepala BKPSDM Donggala Najamudin Laganing dalam laporanya menyampaikan pelaksanaan Latsar CPNS tahun anggaran 2019 selama 113 hari atau setara dengan 1.141 jam pembelajaran.

Dengan rincian 33 hari untuk pelajaran klasikal dan 80 hari untuk pembelajaran non-klasikal atau aktualisasi pada agenda pembelajaran habituasi di tempat kerja.

“Kelak meraka menjadi ASN yang mampu berperan sebagai pembaharu yang memiliki sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat dengan berlandaskan kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil,” ujar eks Camat Dampelas itu.

Sementara itu kepala BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah Novalina dalam sambutannya menegaskan sudah selayaknya pengembangan kompetensi ASN menjadi perhatian bagi setiap pemerintah daerah.

Karena saat ini kata Novalina ASN tidak hanya bergerak menuju smart ASN tetapi juga bergerak menuju ASN berkelas dunia. Selain itu Novalina juga berpesan kepada seluruh peserta Latsar agar fokus dan serius mengikuti pelatihan dasar ini.

“Manfaatkan Latsar ini belajar dan sharing pengalaman sesama peserta yang akan memperkaya wawasan saudara-saudara. Ini mungkin tidak mudah, tetapi juga tidak sulit sepanjang kita mengikutinya dengan sungguh-sungguh,” ucapnya.

Novalina berpesan agar para peserta jangan mengedepankan ego sektoral, jaga selalu kekompakan, toleransi, bersama-sama saling membantu dan berempati satu sama lain. (/oi/jr)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.