Dari Donggala untuk Dunia

Sidang Putusan Kasus Mangrove Gonenggati Ditunda Selasa Depan

Penulis: Mohammad Akib

0 299

BANAWA,Suaradonggala.id – Pembacaan putusan kasus sengketa mangrove Gonenggati, Kelurahan Kabonga, Kecamatan Banawa, Selasa (4/2/2020 kemarin ditunda.

Penasehat hukum Kelompok Tani Hutan( KTH) Gonenggati Jaya Retna Dumila Saliha, mengatakan sidang putusan akan dilanjutkan pada Selasa pekan depan.

“Sebenarnya agenda putusan itu hari ini, tapi karena ada alasan dari majelis karena putusan belum rampung, maka ditunda pekan depan. Menurut kami Akta Jual Beli (AJB) penggugat itu cacat secara hukum menurut KUH Perdata itu jelas ada dalam pasal 13 ayat 20 ada 4 syarat,” katanya.

Ratna menjelaskan AJB yang dihadirkan oleh penggugat tidak memenuhi syarat obyektif. Oleh sebab itu ia berkeyakinan gugatan penggugat akan ditolak oleh pengadilan.

KTH Gonenggati Jaya beber Ratna telah mengantongi izin dari Lurah dan mendapat sertifikat izin dari Camat Banawa pada saat itu pak Tasmin dan dikuatkan KPH Lalundu yang mendapatkan mandataris dari negara dalam mengelolah wilayah pesisir pantai.

Sementara itu pihak Pengadilan Negeri Donggala Taufiqurrohman mengatakan tertundanya sidang kasus KTH Manggrove karna belum selesainya musyawarah antar penggugat dan tergugat.

 

puluhan warga Kelurahan Kabonga Besar hadir mendengarkan putusan kasus mangrove Gonenggati

 

“Karena musyawarah belum selesai terus putusan belum lengkap dan persidangan perkara belum masuk jadi belum siap di bacakan.maka di lakukan penundaan di hari yang sama yaitu minggu depan,” ujarnya.

Dikatakannya pula Terkait puluhan massa yang datang ingin menyaksikan putusan gugatan tersebut yang terpenting massa tertib,santun itu tidak apa.

Ketua KTH Gonenggati jaya Yuryanto ditemui di PN Donggala mengatakan massa ini datang bukan karna digerakan tapi hati mereka tergerak untuk datang menyaksikan bersama apa hasil persidangan.

“Semakin di tunda ini persidangan,semakin banyak nanti massa yang datang dan minggu depan itu mungkin ada 4 truk,” tegasnya.

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.