Dari Donggala untuk Dunia

Syafruddin: Pansus Tatib Melanggar Tatib

Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syafruddin K menyoroti pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Tata Tertib (Tatib) DPRD Donggala 2019-20124.

0 243

Kecamatan Banawa– Pansus tatib kata Anleg yang akrab dipanggil La Sape ini telah melanggar Pasal 73 ayat 2 Tatib DPRD Donggala nomor 1 tahun 2018 yang berbunyi Anggota Pansus terdiri atas anggota komisi terkait yang diusulkan masing-masing fraksi.

“Pansus sudah melanggar Tatib. Boro-boro komisi, fraksi saja masih ada yang belum punya komposisi bagaimana bisa membahas Tatib. Ini sama saja membahas tatib tapi melanggar tatib,” ujarnya, Selasa 10 September 2019.

La Sape mengatakn kalau merujuk pada Pasal 73 ayat 2 tatib DPRD Donggala tahun 2018 maka mestinya terlebih dahulu komisi dan fraksi dibentuk karena itu instrumen untuk membahas tatib.

Hematnya pembahasan tatib tersebut cacat prosedur karena tidak memenuhi syarat yang diamanatkan Pasal 73 ayat 2 tatib DPRD Donggala tahun 2018. Ditegaskannya tatib Dewan tahun 2018 masih berlaku karena belum ada tatib yang baru maka tatib itu menjadi rujukan.

“Saya menilai pembentukan Pansus Tatib ini terlalu terburu-buru saran saya lebih baik pembahasan dihentikan menunggu sampai komisi dan fraksi Gerindra terbentuk,” sebut dia.

Untuk diketahui pada paripurna dewan yang digelar Senin 9 September telah dibentuk Pansus untuk membahas Tatib DPRD Donggala. Pansus tersebut diketua Machmud P Tahawi, (PDIP) Sekretaris Syafiah (Hanura) dan Wakil Ketua, Widya Kastrena Darmasida Lassa. (/jr)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.