Dari Donggala untuk Dunia

Takwin : Itu Aset Daerah, Kenapa Digadai.?

0 1.546

Suaradonggala.id,BANAWA — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Dprd) Kabupaten Donggala Takwin sangat menyayangkan aset daerah atau mobil badan usaha milik desa (Bumdes) di gadai untuk mendapatkan dana.

Saat ditemui selesai memimpin rapat badan anggaran (Banggar), Takwin mengatakan kasus ini sudah kedua kalinya terjadi, sebelumnya Desa Bambarimi. Mungkin masih banyak desa seperti ini.

“Saya sangat sesalkan hal ini terjadi, berarti pemerintah dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pmd) tidak ada melakukan pembinaan kepada bumdes, jika aset daerah tidak boleh di gadai, ” ungkap politisi PKS ini. Kamis (10/12/20) Malam

Takwin menambahkan jika kasus ini harus melalui proses hukum lebih lanjut.

Sementara dugaan Mobil Badan usaha milik desa (Bumdes) di gadaikan disalah satu lising kota Palu, falid atau benar adanya.

Pernyataan tersebut dibenarkan oleh kepala desa Ogoamas II Mansyur Dg. Malawa saat di konfirmasi  via telepon.

“Iya benar mobil tersebut di gadai dan mengambil pinjaman sebesar 100jt dengan agunan satu unit mobil dump truk. Saya mengakui keselahan yang menyetujui mobil itu di gadai dan saya siap menerima resiko nantinya, ” Ucap Kades

Lanjut ia katakan bahwa yang pergi melakukan administrasi ke lising itu Marlin, kebetulan anak tersebut adalah keponakan saya dan anggota BUMDes.tapi, saya tidak mengetahui apa kelanjutannya dan berapa angsuran perbulannya.

Terpisah, kepala bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat dan Sarpras Desa Rendi mengatakan ada sanksi jika hal tersebut dilakukan yakni sanksi nonjob kepada kepala desa tersebut.

“kami telusuri dulu apakah dia gadai untuk bumdes atau untuk pribadi. Jika untuk bumdes maka dia akan dikenakan sanksi administrasi dan jika untuk pribadi akan di kenakan sanksi nonjob serta kasusnya di tindak lanjuti ke proses hukum.” tutupnya (AKB)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.