Dari Donggala untuk Dunia

Tingkatkan Kualitas Pengawasan, Bawaslu Donggala Gelar Bimtek PKD

0 57

Suaradonggala.id,BANAWA — Delapan Hari menuju Voting Day Bawaslu Donggala gelar bimbingan teknis (Bimtek), Pangawas Kelurahan Desa (PKD) Se Kabupaten Donggala, Hotel Best western Plus Coco Palu. Senin (01/12/20) Kemarin

Gelaran bimtek sebanyak 167 jajaran Pengawas Kelurahan Desa (PKD) yang tersebar di 16 Kecamatan, giat ini bertujuan sebagai penguatan dalam pelaksanaan tugas untuk mengawal jalannya proses pesta demokrasi demi menjaga kemurnian suara dalam Tahapan Pemungutan dan Penghitungan suara pada 9 Desember mendatang.

Kordiv SDM, Organisasi dan Data Informasi, Malfinas mengatakan bahwa kegiatan yang bertujuan dalam  rangka pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan suara serta penanganan pelanggaran bagi Panwaslu Kelurahan Desa  pada pemilihan Gubernur/ wakil Gubernur tahun 2020 merupakan moment langkah.

“Melihat kegiatan kali ini membangkitkan semangat kami, selama ini kami hanya dapat melihat PKD di masing-masing kecamatan  namun kali ini dapat melihat secara keseluruhan, ini bertanda bahwa PKD Se Kabupaten Donggala siap melaksanakan tugas-tugas pengawasan,” Tuturnya.

Dari sisi Pengawasan,  Ketua Bawaslu Donggala, Minhar  mengungkapkan kepada seluruh PKD untuk tetap memaksimalkan upaya-upaya pencegahan dalam pengawasan dan  konsisten menjaga integritas jangan sampai integritas kita tergadaikan.

Sejalan dengan Kordiv Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa,  Mohammad Fikri mengatakan bahwa dalam proses pengawasan kita harus mengutamakan pencegahan namun jika tetap terjadi pelanggaran kita akan lakukan penindakan.

Fikri juga menambahkan bahwa dalam proses pemungutan dan penghitungan suara, Pengawas harus jeli untuk melihat dan mengawasi, apalagi ketika melihat ketentuan pidana dalam UU 10 Tahun 2016 banyak mengatur tentang hak pilih orang dalam masa pungut hitung. (Humas Bawaslu Donggala)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.