Dari Donggala untuk Dunia

UMK Donggala 2019 Ditetapkan Sebesar 2,3 Juta

0 273

BANAWA, SUARA DONGGALA.ID– Dewan Pengupahan Kabupaten Donggala menggelar rapat bersama ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Donggala, Kamis 28 November 2019.

Rapat yang dihadiri Koordinator Wilayah (KORWIL) Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Rismawan Laula dan pengurus dua organisasi buruh SPSI dan SBSI Donggala ini menetapkan Upah Minimum Kabupaten ( UMK ).

Dalam rapat tersebut di sepakati UMK Donggala sebesar Rp. 2.303.711, atau setara perhari sebesar Rp. 92.148.44.

Pengesahan UMK Donggala tersebut akan menunggu surat edaran dari Gubernur Sulawesi Tengah. Rismawan menyebutkan tahun 2018 Kabupaten Donggala tidak menetapkan UMK.

Usulan UMK Donggala sebesar 2,3 jt tersebut ungkap dia sudah mengacu pada PP 78 terkait inflasi dan PDB. “Maka di ambillah 8,51% itu sehingga sama kenaikannya dengan UMP Provinsi Sulawesi Tengah,” terang dia

Untuk diketahui saat rapat berlangsung KSBSI sempat menolak usulan Pemkab Donggala UMK yang hanya sebesar 2 jt rupiah. KSBSI berharap UMK Donggala mengacu pada UMP (upah minimum provinsi).

“Karna bagi kami rekomendasi dari Pemkab Donggala soal UMK bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, serta ketentuan upah yang seharusnya. UMK Donggala tidak boleh lebih rendah dari UMP, harusnya lebih d atas,” katanya.(/Akib)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.