Dari Donggala untuk Dunia

Wabup Moh Yasin Ucapkan Terima Kasih pada LSM Jepang

Laporan: J Rizal

0 63

SINDUE, suaradonggala.id— Wakil bupati Donggala Moh. Yasin ucapkan terima kasih kepada semua pihak termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat yang telah banyak membantu masyarakat terdampak pasca bencana alam gempa bumi dan tsunami.

Pada peresmian rumah tumbuh untuk korban bencana di Desa Kavaya, Kecamatan Sindue, Rabu (4/12/2019), Wabup Yasin atas nama pemerintah daerah menyampaikan terima kasih secara langsung kepada perwakilan LSM Japan Platform, Parcic, dan Tram yang menginisasi pembangunan rumah tumbuh tersebut.

“Banyak infrastruktur yang rusak akibat bencana gempa bumi dan tsunami. Ini yang menjadi PR. Tentu Pemkab Donggala tidak akan mampu membangun semua itu dalam waktu yang singkat,” katanya.

Pemkab Donggala bersykur karena telah dibantu dari pihak NGO dimana mereka sudah perduli terhadap Donggala, termasuk dalam pembangunan hunian khususnya kepada masyarakat yang terdampak, dimana rumah mereka rusak berat dan tak lagi tidak layak dihuni.

Selain soal hunian, kata Yasin, masalah ekonomi pasca bencana juga menjadi persoalan yang serius dihadapi oleh masyarakat. Banyak warga kehilangan lapangan pekerjaan. Untuk itu, Pemkab Donggala sedang giatnya melakukan terobosan baru demi membangun kembali perekonomian masyarakat Kabupaten Donggala secara keseluruhan.

Sementara itu, perwakilan LSM Japan Platform Iko dalam laporannya menyampaikan pembangunan rumah tumbuh telah di mulai di desa Kola-Kola, Kecamatan Banawa Tengah, awal September 2019 lalu. Kemudian berlanjut hampir bersamaan dengan yang dibangun di Kavaya Kecamatan Sindue.

“Total rumah tumbuh yang dibangun pada fase ke 3 ini sebanyak 205 unit,” ucapnya.

Dia menambahkan bahwa material untuk konstruksi rumah tumbuh berdasarkan kearifan lokal di daerah Sulawesi Tengah yaitu bangunan dari kayu dan beratapkan rumbia. Iko berharap bantuan rumah tumbuh tersebut dapat bermanfaat dan dipelihara dengan baik. (*)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.