Dari Donggala untuk Dunia

Wabup Yasin Buka Workshop Bela Negara di Banawa Tengah

0 59

BANAWA TENGAH, SUARADONGGALA.ID– Wakil Bupati Donggala Moh. Yasin,  membuka secara resmi Workshop Peningkatan Pemahaman Ideologi Dan Bela Negara, Rabu, (27/11/2019).Kegiatan Workshop tersebut diselenggarakan di SMA 1 Banawa Tengah.

Kepala Bidang Bina Idiologi dan Wawasan Kebangsaan Anneke Wenas dalam laporannya sebagai panitia pelaksana menyampaikan workshop digelar agar generasi milenial memiliki kesadaran untuk mengamankan dan melestarikan Pancasila, sebagai jati diri dan budaya.

Selain itu sekaligus sebagai benteng yang kuat guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia juga menyampaikan bahwa untuk peserta worksop terdiri dari unsur kecamatan, pelajar SMA Se-Kecamatan Banawa Tengah yang berjumlah 50 orang.

Sementara Wabup Donggala Moh Yasin mengatakan, bahwa kegiatan workshop merupakan implementasi dari program Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala dalam rangka pencapaian visi Pemerintah Kabupaten Donggala periode 2019-2024 yaitu Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Donggala Yang Sejahtera, Berdaya Saing, Mandiri Berkarakter Berpijak Pada Nilai-Nilai Kearifan Lokal.

Dijelaskannya, bela negara adalah sebuah konsep yang disusun mengacu pada Undang-Undang Dasar 1945 pasal 27 ayat 3 yaitu setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara dan khususnya kepada generasi milenial yang ada di Kecamatan Banawa Tengah, untuk berpartisipasi dalam upaya pembelaan negara.

Yasin menambahkan bahwa ada 5 unsur yang tercakup dalam bela negara yakni cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, keyakinan akan kebenaran pancasila serta kerelaan berkorban untuk bangsa serta memiliki kemampuan awal bela negara.

“Lima unsur inilah yang akan menjadi filter terhadap pengaruh negatif yang dapat merusak keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia (RI) di tengah perkembangan teknologi dan informasi,” sebutnya.

 

Foto: Sandri

 

“Saya berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya untuk generasi milenial,” sambung dia.

Turut hadir pada kegiatan pembukaan workshop Kasat Intel Donggala Iptu Musa, S. Sos, Perwira Penghubung Amrullah, Kepala Kesbangpol Donggala Tafip, S. Sos. M. SI, Camat Banawa Tengah Syahrul dn seluruh siswa/siswi SMA 1 Banawa Tengah. (/J Rizal)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.