Dari Donggala untuk Dunia

Warga Kabonga Kecil Minta Tetap Tinggal di Pesisir Pantai

0 144

BANAWA,suaradonggala.id — Puluhan warga kelurahan Kabonga Kecil, Kecamatan Banawa mendatangi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Kabupaten Donggala, Jumat (20/03/20)

Warga yang di dampingi Sekertaris Lurah Kabonga Kecil Isbak ini meminta agar tidak di relokasi jauh dari kelurahan Kabonga Kecil. Alasan warga karena mereka adalah nelayan sehingga menolak direlokasi jauh dari pesisir pantai.

“Hampir semua warga yang terdampak bencana ini mata pencaharian mereka itu nelayan. Jadi tolong kami, pak,” ucap dia.

Kepala dinas BPBD Donggala Akris Fattah mengatakan pihaknya saat ini sedang mencari lokasi yang aman untuk merelokasi warga terdampak bencana di Kabonga Kecil utamanya daerah yang masuk zona merah.

“Saya tugaskan Seklur sebagai perwakilan pemerintah di kelurahan untuk mencari tanah (aman) tanpa ada sengketa apapun di seputaran kelurahan Kabonga Kecil supaya di bangunkan rumah dan pemerinah siap bayar itu tanah,” ungkap Akris.

Bekas Kadis PU Donggala ini menyebutkan pihaknya juga siap untuk melakukan relokasi mandiri bagi warga yang memiliki lahan sendiri dengan ketentuan jauh dari wilayah zona merah.

“Warga yang memiliki tanah sendiri boleh di bangunkan rumah itu masuk relokasi mandiri asal 200meter dari pesisir pantai dan sudah kewajiban pemerintah membantu warga. Ini sudah komitmen ya, sepakat untuk di relokasi di Kelurahan Kabonga Kecil bukan di luar dari situ,” tutup Akris. (Akib)

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.