Dari Donggala untuk Dunia

Yayasan Sheep Indonesia Gelar Diskusi Soal Perlindungan Ekosistem Mangrove di Labean

0 57

suaradonggala.id-Yayasan Sheep Indonesia bekerjasama dengan Aliansi Biru menggelar diskusi promosi kebijakan pelindungan ekosistem mangrove di dusun Mapaga, desa Labean, Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Diskusi itu mendorong lahirnya Peraturan Daerah (Perda) yang menjamin keberlangsungan dan perlindungan terhadap ekosistim mangrove di kawasan pesisir kabupaten Donggala.

Dari  diskusi yang dihadiri Kelompok Masyarakat Peduli Bencana desa Labean itu diharapkan agar masyarakat dan Pemerintah memiliki sudut pandang, pengetahuan, dan pemahaman yang sama tentang tata ruang wilayah dan pengelolaan lingkungan.

Diskusi yang digelar tepat dilokasi tsunami Mapaga tahun 1968 itu di pandu oleh Hendra dari Sahabat Mangrove, Kelurahan Tanjung Batu, dan Indra dari KTH Gonenggati Jaya, Kelurahan Kabonga Besar, Kecamatan Banawa.

peserta diskusi foto bersama.

“Kita mencoba menggali pandangan dari peserta diskusi agar mempunyai pemahaman tentang tata ruang wilayah, fungsi ruang dan keterkaitannya dengan perlindungan. Ada semacam komitmen dari pemerintah dan masyarakat, tentu target kita lahirnya satu aturan yang melindungi mangrove,” kata Indra, disela diskusi, Kamis (31/3)

Sementara itu menurut Hendra, Perda sangat penting bagi perlindungan okesistem mangrove di Donggala karena masih ada pihak-pihak yang terus merusak ekositem mangrove tersebut.

Dia mencontohkan seperti terjadi desa Lombonga, dimana sekitar 3 hektare hutan mangrove di tebang untuk membuat empang udang vaname.  “Ketika kita merusak lingkungan maka kita mewariskan lingkungan yang rusak kepada anak cucu kita,” sebut Hendra.

Selain soal perlindungan terhadap ekosistem mangrove, Yusuf, ketua KMPB desa Labean dalam diskusi itu juga mengusulkan soal adanya perlindungan bagi pegiat lingkungan. Sebab, menurut dia, banyak pegiat lingkungan mendapat tekanan dan intimidasi dalam melakukan kerja-kerja lingkungan. (bj)

 

Berita Lainnya...

Berikan Komentar Anda...

Alamat email anda tidak akan disiarkan.